Home » , , » Hamba Terbaik disisi Allah

Hamba Terbaik disisi Allah

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, February 19, 2018



Image result for hamba allah yang baik
Rekap kajian online Grup G1
Hari         : Jum'at
Tanggal  : 16 Pebruari 2018
Tema       : Menjadi hamba terbaik disisi Allah
Narsum   : ustadz Hizbullah Zein
Editor : Sapta
===============================

Hamba Terbaik disisi Allah

Di dalam Al Quran Allah mengnjurkan kepada hambanya yang beriman agar berlomba –lomba dalam kebaikan dan berlomba menjadi hamba terbaik  di hadapannya.

Merupakan Salah satu bentuk kasih sayang dan dan kemaha pemurahan Allah kepada hambanya adalah dengan membuka pintu kebaikan seluas-luasnya dan tidak membatasinya pada satu perkara saja. Allah memberikan kesempatan kepada hambanya untuk memilih perkara yang mudah baginya untuk dijadikan sarana  mendekatnya diri kepada dan menjadi hamba terbaik dihadapan-Nya.

Jika dalam satu amalah seorang hamba merasa berat, sulit untuk maksimal dalam amalan tersebut, Allah telah membuka pintu lain baginya. Seorang hamba tinggal memilih amalan yang mana yang baginya tidak terlalu memberatkan namun dia mampu istiqomah dengannya.

Ada beberapa kebaikan dan amalan yang disebutkan oleh Rasulullah shallahu alaihi wasallam, jika seorang hamba mampu istiqomah dengannya maka Allah mencatatnya sebagai sebaik-baik hamba di hamba di hadapan-Nya.

Diantaranya ialah:

Menjadi Hamba Terbaik Dengan mepelajari, mengamalkan dan mengajarkan Al Quran.

Rasulullah Shallahu alaihi wasallam bersabda:

 خيركم من تعلم القرآن وعلمه  (صحيح البخاري
sebaik-baik diatara kalian ialah yang mempelajari Alquran dan mengajarkannya (H.R. Bukhari)

Alquran tak hanya sekedar kalam Allah yang didalamnya terkandung banyak ibroh. Ia merupakan mukjizat yang Allah turunkan kepada Rasulullah yang menjadi pedoman keselamatan bagi ummatnya di dunia dan akhirat.
Alquran selain menjadi syafaat di akhirat kelak dan di ganjar satu kebaikan yang pada satu kebaikan itu terdapat sepuluh pahala pada setiap huruf bagi yang membacanya, Alquran juga merupakan barometer penilaian Allah kepada hambanya. semakin baik interkasi seorang hamba degan Alquran maka semakin tinggi derajatnya di sisi Allah.

Terbaik Dengan Akhlakul karimah

Tak semua orang mampu menjadi  hamilul quran, apalagi mengajarkan Al- quran. Bukan berarti, kesempatan untuk menjadi  hamba terbaik disisi Allah telah tertutup. Allah membuka pintu lain untuk siapa saja yang ingin menjadi hamba terbaik disisi-Nya dengan pintu Akhlak.

خياركم أحاسنكم أخلاقا  صحيح البخاري
Sebaik-baik diantara kalian adalah yang terbaik Ahlaknya. (H.R. Bukhari)

Rasullullah merupakan sebaik-baik telan dalam berakhlak. Baik dalam perkataan dan perbuatan dan karena itulahpulalah Rasullah shallahu alaihi wasallam di utus. Rasulullah bersabda. “sesungguhnya aku di untus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia”.

Aisyah Radiyallahu anha ketika ditanya oleh salah sahabat bagaimana akhlak Rasullah. Beliau menjawab:  Akhlaknya Rasullah adalah Al quran”
Alquran merupakan pedoman berakhlak mulia yang telah di contohkan melalui perilaku dan perkataan Rasullah.

Baik Dalam membayar Utang.

 خيركم أحسنكم قضاء
”Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik ketika membayar hutang.”_ (Bukhari).

Banyak orang yang mudah berhutang tapi sulit membayar. Butuh ditangih berkali-kali agar bisa membayar. Seorang mukmin yang baik dimata Allah adalah mereka yang segera menunaikan tanggungannya ketika telah memiliki kesanggupan membayar. Tidak menunda-nuda apalagi lupa. Tidak butuh untuk ditagih agar mau membayar. Tidak merepotkan sang pemberi pinjaman. Dan jika jatuh tempo pembayaran namun belm mampu membayar maka iya segera mengkomunikasikan dengan baik kepada si pemberi pinjaman.

Dalam hadis sohih Bukhari  Muslim disebutkan : "Mengulur-ulur waktu pembayaran hutang bagi yang mampu adalah kezhaliman."

Memberi Makan dan Menjawab Salam
 خيركم من أطعم الطعام، و ردَّ السلام”.
Sebaik-baik kalian adalah yang memberikan makan dan menjawab salam. (shahih Aljami’)

Memberi salam hukumnya sunnah dan menjawab salam hukumnya wajib. Salah seorag akhlak seorang muslim adalah menebar salam. Baik itu salam yang bermakna ucapan Assalamu alaikum, ataupun salam yang bermakna kedamaian. Yang kedua memilik kepekaan  sosail dan tidak egois. Memberi salam dan menjawab salam adalah bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan sosial kita. Begitu pula memberi makan bagi yang membutuhkan.
Dalam hadis disebutkan:

Dari ‘Abdullah bin Salâm, ia berkata: “Ketika Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam datang ke Madinah, orang-orang segera pergi menuju beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam (karena ingin melihatnya). Ada yang mengatakan: Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah datang, lalu aku mendatanginya ditengah kerumunan banyak orang untuk melihatnya. Ketika aku melihat wajah Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam , aku mengetahui bahwa wajahnya bukanlah wajah pembohong. Dan yang pertama kali beliau ucapkan adalah, ‘Wahai sekalian manusia, sebarkanlah salam, berikan makan, sambunglah silaturrahim, shalatlah di waktu malam ketika orang-orang tertidur, niscaya kalian akan masuk Surga dengan selamat.” (H.R Tirmidzi)

“Bukanlah orang yang beriman yang ia sendiri kenyang sedangkan tetangga (yang di sebe-lah)nya kelaparan”. [HR al-Bukhori)

Mendekatlah kepada anak yatim, usaplah kepalanya dan berilah ia makan dari makananmu niscaya hatimu akan lembut dan terpenuhi segala kebutuhanmu”. [HR al-Khara’ithiy)

Menjadi Hamba Terbaik dengan Baik Kepada Keluarga

 خيركم خيركم لأهله”.
Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap keluarganya. (H.R Tirmidzi- Dishahihkan Al Albani)

Seorang suami paham kewajiban  dan haknya serta menunaikanya. Begitu pula seorang istri atau ibu menunaikan kewajibannya dan memahami hak-haknya. Baik terhadap suami istri anak dan kerabat. berprilaku baik terhadap keluarga bukan hal yang mudah, olehnya itu Allah memberikan kedudukan khusus bagi siapa saja yang mampu berakhlak baik terhadp keluarga. Banyak orang yang mampu berbaik-baik (pura-pura) kepada orang lain namun terhadap keluarga, mereka tak sebaik yang ditampakkan di hadapan orang  lain. Bahkan sering kali keluarga menjadi tempat pelampiasan segala kekesalannya.

Al Mubarakfuri saat menerangkan hadits tersebut menasehati para suami ayah dan para lelaki dengan mengatakan: “Mereka (para wanita) adalah orang yang harus dirahmati (dikasihi) lan-taran kelemahan fisik mereka”.

Asy Syaukani menjelaskan makna hadits tersebut dengan menyatakan : “Dalam hadits ini ter-simpan catatan penting. Bahwa orang yang paling tinggi derajatnya dalam kebaikan dan pal-ing berhak meraih sifat tersebut ialah, orang-orang yang paling baik perilakunya kepada keluarganya. Sebab, keluarga, mereka itu merupakan orang-orang yang paling berhak dengan wajah manis dan cara bergaul yang baik, curahan kebaikan, diusahakan mendapatkan manfaat, dilindungi dari bahaya. Jika ada lelaki yang demikian, niscaya ia berpredikat sebagai manusia yang terbaik. Jika ia bersikap sebaliknya, maka ia berada dalam keburukan. Banyak orang yang terjerumus dalam keteledoran ini. Anda bisa menyaksikan seorang lelaki, bila ia menjumpai keluarganya, maka menjadi sosok yang akhlaknya buruk, sangat pelit dan sedikit sekali berbuat baik kepada mereka. Tetapi, apabila bersama orang lain, maka engkau akan dihormati, akhlaknya melunak, jiwanya menjadi dermawan, ringan tangan. Tidak diragukan, laki-laki semacam ini adalah manusia yang terhalang dari taufik Allah, menyimpang dari jalan yang lurus. Semoga Allah memberikan keselamatan bagi kita dari hal itu”.

Menjadi Hamba terbaik dengan menyebarka Rasa Aman dan Nyaman

 خيركم من يُرجى خيره ويُؤمٓن شره”.
“Sebaik-baik kalian adalah seorang yang diharapkan kebaikannya dan manusia merasa aman dari kejelekannya. (H.R Tirmidzi)

Dalam hadits lain dijelaskan
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

المسْلِمُ مَنْ سَلِمَ المسْلِمُوْنَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ , و المهاجِرَ مَنْ هَجَرَ مَا نهَى اللهُ عَنْهُ
“Yang disebut dengan muslim sejati adalah orang yang selamat orang muslim lainnya dari lisan dan tangannya. Dan orang yang berhijrah adalah orang yang berhijrah dari perkara yang dilarang oleh Allah .” (HR. Bukhari dan Muslim )

Dan dalam riwayat Tirmidzi dan An Nasa’i,
و المؤمن من أمنة الناس على دمائهم و أموالهم
“Seorang mu’min yaitu orang yang manusia merasa aman darah mereka dan harta mereka dari gangguannya.”

Usia Panjang dibarengi aman soleh.

Menjadi Hamba Terbaik dengan Banyaknya Amal Soleh

خير الناس من طال عمره وحسن عمله”.
Sebaik-baik manusia adalah yang panjang umurnya dan baik amalannya.” (Dishahihkan Al Albani)

Secara umum manusia  menginginkan usia yang panjang dan mencintai harta. Rasulullah bersabda:

يَكْبَرُ ابْنُ آدَمَ وَيَكْبَرُ مَعَهُ اثْنَانِ حُبُّ الْمَالِ وَطُولُ الْعُمُرِ
Anak cucu Adam semakin menua, dan dua perkara semakin besar  (menua) bersamanya: cinta harta dan panjang umur. [HR. Bukhâri)

Tapi sekedar berusia panjang tanpa amal soleh yang istiqomah bukan keutamaan disisi Allah. Usia panjang hanya menjadi keutamaan jika dibarengi dengan amal soleh. Sebaliknya usia panjang dengan dosa hanyalah kehinaan.

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ أَبِى بَكْرَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَجُلاً قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَىُّ النَّاسِ خَيْرٌ قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَحَسُنَ عَمَلُهُ ». قَالَ فَأَىُّ النَّاسِ شَرٌّ قَالَ « مَنْ طَالَ عُمُرُهُ وَسَاءَ عَمَلُهُ »
Dari Abdurrahman bin Abu Bakrah, dari bapaknya, bahwa seorang laki-laki berkata, “Wahai Rasûlullâh, siapakah manusia yang terbaik?” Beliau menjawab, “Orang yang panjang umurnya dan baik amalnya”. Dia bertanya lagi, “Lalu siapakah orang yang terburuk?” Beliau men-jawab, “Orang yang berumur panjang dan buruk amalnya”. [HR. Ahmad; Tirmidzi; dan al-Hâkim)

wallahu a'lam bishowab


=================
TANYA JAWAB


Tanya : Assalamualaikum ustadz, ijin bertanya, Allah SWT memerintahkan untuk berlomba-lomba dalam kebaikan (fastabiqul.khoirot). Apa yang membedakan tsaabiqu (QS 57:21) dengan saari'u (QS.3:133). Kedua-duanya memerintahkan untuk berbuat baik. Jazakillah ustadz
Jawab: ana minta maaf atas keterbatasan ilmu ana belum bisa jawab pertanyaan ini. mungkin bisa di forwad ke asatiz kita yang ahli bahasa arab atau tafsir.


Tanya : Afwan ustadz hiz zein, rasanya kami masih jauh dari hamba terbaikNya, namun kami tak henti berusaha meski kadang futur melanda. Ustadz.. manusia kan tempat dosa dan lupa; bagaimana caranya ilmu yang kita dapat tidak mudah hilang? apakah makanan yang kita dapat jika sumbernya tidak halal bisa membuat lupa ilmu-ilmu baik yang kita dapat? afwan yang fakir.
Jawab : benar, manusia adalah tempat salah dan khilaf, dan sebaik baik orang bersalah adalah yang meminta maaf, bersitigfar dan bertaubat.
Terkait ilmu. agar tidak mudah hilang para ulama mengajarkan kita untuk agar ilmu tidak hanya dipelajari tapi juga di sumbangkan (diajarkan) dan di amalkan dengan begitu ia akan kekal.
Terkait makanan dan pengaruhnya terhadap Ilmu, makanan yang masuk kedalam perut kita sangat besar pengaruhnya terhadap Ilmu, khusunya dalam keberkahan ilmu. Bisa jadi kita menemui banyak orang yang tampak cerdas padahal makanannya dari yang haram. Dia cerdas tapi sudah pasti tidak berkah, makanya kepintaran dan kecerdasan digunakan untk menipu orang lain bahkan orang tua. Pintar tapi jauh dari Allah, susah di ajak ibadah dan sebagainya. Imam syafi'i sebagai bentuk kehati-hatian dalam makanan, ketika masih kecil dulu , dia tidak mau makan kecuali roti yang dikirm oleh ibunya demi menjaga diri dari makanan syubhat. wallahu a'lam


Tanya : Ustadz, jika kita sebagai pihak yang dihutangi bagaimana, apakah ada kewajiban kita untuk mengingatkan? Sampai berapa kali atau harus bagaimana ustadz?
Jawab : benar.. kita memiliki kewajiban mengingatkan, sebab jika orang itu meninggal maka dia memiliki tanggungan yang akan menghalangi dia masuk syurga meski dia syahid. Maka mengingatkan si peminjam dengan cara yang baik adalah bentuk ibadah dan bentuk cinta kita kepada dia. Berapa kali kita mengingatkan? sampai dia bayar utangnya atau sampai kita ikhlaskan hutang dia.


Tanya : Ustadz terkait dengan berbuat baik kepada keluarga, jika kita ingin sedekah yang diutamakan sedekah kepada keluarga atau tetangga? Jika keduanya sama-sama membutuhkan. Kalau membantu keluarga apa bisa diniatkan sedekah?
Jawab : Ada dalam bertetangga jika dia seorang muslim dan keluarga makan dia memiliki tiga hak. sebagai keluarga, sebagai muslim dan sebagai tetangga. Jika dia bukan keluarga. maka dia memiliki hak sebagai muslim dan tetangga. Jika dia non muslim, maka dia memiliki hak sebagai tetangga.
Kketiganya golongan ini wajib kita bantu, dalam masalh prioritas jika sama-sama membutuhkan maka kita mendahulukan yang paling banyak hanya. yaitu Keluarga


Tanya : Izin bertanya ustadz ...dalam hal mngajarkan alqur'an , apabila ada fee dari ngajar apakah lantas kita tak mendapat balasan pahala dari Alloh, mengingat kadang menjadi pertimbangan misal di tempat ini seginih ditempat lain segtuh. Afwan ziddan ustadz
Jawab : Afwan baru sempat balas. Jika ada yang memberi fee dari pengajaran alquan tetap dapat pahala jika niatnya ikhlas. Yang terpenting jangan sampai niat kita mengajarkan Alquran terganggu dengan nominal fee.



~~~~~~~~~~~~~~~~
Selanjutnya, marilah kita tutup kajian kita dengan bacaan istighfar 3x
Doa robithoh dan kafaratul majelis

Astaghfirullahal' adzim 3x

Do'a Rabithah
Allahumma innaka ta'lamu anna hadzihil qulub,
qadijtama-at 'alaa mahabbatik,
wal taqat 'alaa tha'atik,
wa tawahhadat 'alaa da'watik,
wa ta ahadat ala nashrati syari'atik.
Fa watsiqillahumma rabithataha,
wa adim wuddaha,wahdiha subuulaha,wamla'ha binuurikal ladzi laa yakhbu,
wasy-syrah shuduroha bi faidil imaanibik,
wa jami' lit-tawakkuli 'alaik,
wa ahyiha bi ma'rifatik,
wa amitha 'alaa syahaadati fii sabiilik...
Innaka ni'mal maula wa ni'man nashiir.

Artinya :
Ya Allah, sesungguhnya Engkau mengetahui bahwa sesungguhnya hati-hati kami ini,
telah berkumpul karena cinta-Mu,
dan berjumpa dalam ketaatan pada-Mu,
dan bersatu dalam dakwah-Mu,
dan berpadu dalam membela syariat-Mu.
Maka ya Allah, kuatkanlah ikatannya,
dan kekalkanlah cintanya,
dan tunjukkanlah jalannya,
dan penuhilah ia dengan cahaya yang tiada redup,
dan lapangkanlah dada-dada dengan iman yang berlimpah kepada-Mu,
dan indahnya takwa kepada-Mu,
dan hidupkan ia dengan ma'rifat-Mu,dan matikan ia dalam syahid di jalan-Mu.Sesungguhnya Engkau sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong.
Aamiin...    

DOA PENUTUP MAJELIS
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Subhanaka Allahuma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa anta astaghfiruka wa atubu ilaik.Artinya:“Maha suci Engkau ya Allah, dan segala puji bagi-Mu. Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Engkau. aku mohon ampun dan bertaubat kepada-Mu.”
Aamiin ya Rabb.

======================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!