Home » , , » INILAH AKIBAT SHALAT DHUHA

INILAH AKIBAT SHALAT DHUHA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, February 20, 2018


 Kajian Online WA  Hamba الله SWT

Senin, 19 Februari 2018
Rekap Kajian Grup Bunda G1
Narasumber : Ustadzah Lulu
Tema : Kajian Umum



Dzat yang dengan Kebesaran-Nya, seluruh makhluk menyanjung dan mengagungakan-Nya...
Dzat yang dengan Keperkasaan-Nya, musuh-musuh dihinakan lagi diadzab-Nya...
Dzat yang dengan Kasih dan Sayang-Nya, kita semua mampu mengecap manisnya Islam dan indahnya ukhuwah di jalan-Nya, memadukan hati kita dalam kecintaan kepadaNya, yang mempertemukan kita dalam keta'atan kepadaNya, dan menghimpunkan kita untuk mengokohkan janji setia dalam membela agamaNya.

AlhamduliLlah... tsumma AlhamduliLlah...

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada tauladan kita, Muhammad SAW. Yang memberi arah kepada para generasi penerus yang Rabbaniyyah bagaimana membangakitkan ummat yang telah mati, memepersatukan bangsa-bangsa yang tercerai berai, membimbing manusia yang tenggelam dalam lautan syahwat, membangun generasi yang tertidur lelap dan menuntun manusia yang berada dalam kegelapan menuju kejayaan, kemuliaan, dan kebahagiaan.

Amma ba'd...
Ukhti fillah sekalian. Agar ilmunya barokah, maka alangkah indahnya kita awali dengan lafadz Basamallah

Bismillahirrahmanirrahim...                  

INILAH AKIBAT SHALAT DHUHA

Banyak Orang Yang belum tahu apa akibat yang akan mereka rasakan bila rajin shalat dhuha.

Beruntung sekali anda punya kesempatan membaca tulisan dibawah ini, semoga memjadi pelajaran berharga untuk kita semua.

Seperti diungkap oleh Sayid Muhammad bin Alwi al-Maliki dalam bukunya Khasais al-Ummah al-Muhamadiyah tentang keutamaannya, penulis membeberkan keutamaan-keutamaan yang disediakan oleh Allah bagi hamba yang menunaikannya lengkap dengan sumber haditsnya.

Pertama
orang yang shalat Dhuha akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah. “Barangsiapa yang selalu mengerjakan shalat Dhuha niscaya akan diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Turmudzi)

Kedua
Barangsiapa yang menunaikan shalat Dhuha ia tergolong sebagai orang yang bertaubat kepada Alah. “Tidaklah seseorang selalu mengerjakan shalat Dhuha kecuali ia telah tergolong sebagai orang yang bertaubat.” (HR. Hakim).

Ketiga
Orang yang menunaikan shalat Dhuha akan dicatat sebagai ahli ibadah dan taat kepada Allah. “Barangsiapa yang shalat Dhuha dua rakaat, maka dia tidak ditulis sebagai orang yang lalai. Barangsiapa yang mengerjakannya sebanyak empat rakaat, maka dia ditulis sebagai orang yang ahli ibadah. Barangsiapa yang mengerjakannya enam rakaat, maka dia diselamatkan di hari itu. Barangsiapa mengerjakannya delapan rakaat, maka Allah tulis dia sebagai orang yang taat. Dan barangsiapa yang mengerjakannya dua belas rakaat, maka Allah akan membangun sebuah rumah di surga untuknya.” (HR. At-Thabrani).

Keempat
Orang yang istiqamah melaksanakan shalat Dhuha kelak ia akan masuk surga lewat pintu khusus, pintu Dhuha yang disediakan oleh Allah. “Sesungguhnya di dalam surga terdapat sebuah pintu bernama pintu Dhuha. Apabila Kiamat telah tiba maka akan ada suara yang berseru, ‘Di manakah orang-orang yang semasa hidup di dunia selalu mengerjakan shalat Dhuha? Ini adalah pintu buat kalian. Masuklah dengan rahmat Allah Subhanahu Wata’ala.” (HR. At-Thabrani).

Kelima
Allah menyukupkan rezekinya. “Wahai anak Adam, janganlah engkau merasa lemah dari empat rakaat dalam mengawali harimu, niscaya Aku (Allah) akan menyukupimu di akhir harimu.” (HR. Abu Darda`).

Keenam
Orang yang mengerjakan shalat Dhuha ia telah mengeluarkan sedekah. “Hendaklah masing-masing kamu bersedekah untuk setiap ruas tulang badanmu pada setiap pagi. Sebab tiap kali bacaan tasbih itu adalah sedekah, setiap tahmid adalah sedekah, setiap tahlil adalah sedekah, setiap takbir adalah sedekah, menyuruh kepada yang ma’ruf adalah sedekah, mencegah yang mungkar adalah sedekah. Dan sebagai ganti dari semua itu, maka cukuplah mengerjakan dua rakaat sholat Dhuha.” (HR Muslim).

Setelah Baca Tulisan Diatas Masih Punya Alasan Untuk Meninggalkan Shalat Dhuha ?

Shalat Dhuha mempunyai kedudukan mulia. Disunnahkan untuk kita kerjakan sejak terbitnya matahari sampai menjelang datangnya shalat dzuhur.
Syukron ...siapapun yang menulis Pertama tulisan ini semoga kita bisa mengambil pelajaran dan kita amalkan dikeseharian kita.
SEMANGAT SHALAT DHUHA

Tanya jawab

Q : Ustadzah, sholat dhuha yang terbaik dikerjakan jam berapa. Pertanyaan yang ke 2, kalau kita niat sholat dhuha 4 rakaat baca niatnya langsung 4 rakaat apa 2 rakaat...
A : Setelah shalat shuru'. Ya perkiraan antara jam 7.30-10.30. Shalat dhuha tidak dilakukan 4 rakaat sekaligus. Tapi 2 rakaat salam, begitu seterusnya.

Q : Ustadzah... Di atas disebuntukan fadhilah sholat Dhuha. Bagaimana klo kita ingin sholat Dhuha 8 atau 12 rakaat tapi karena keterbatasan waktu/ada kendala, sholat terpenggal-penggal. Misal di rumah 2 rakaat, di kantor sisanya atau pagi-pagi baru sempat 2, setelah agak luang dilanjut lagi
A : Boleh tapi utamakan dalam 1 waktu. Jka tidak bisa, boleh dilakukan hanya 2 rakaat. Karena sejatinya shalat itu butuh waktu utama. Butuh khusyu' juga. Jadi alangkah lebih baik dilakukan dalam 1 waktu.

Q : Klo lagi di perjalanan (safar) bisa/boleh kah melaksanakan sholat dhuha, dan klo lagi di jalan (safar) yang di sarankan berapa rakaat?makasi ustadz
A : Safar lalu lakukan shalat dhuha ? Boleh. Jumlah rakaatnya silahkan disesuaikan dengan kemampuan.

Q : Ustadzah...bolehkah klo kita sholat dhuha dengan niat/berharap supaya dilancarkan rezki atau dimudahkan segala urusan. Apakah termasuk tidak ikhlas karena ada maksud?
A : Syarat ibadah diterima oleh Allah swt itu ada 2 : 1. Niat ikhlas, 2. Ittiba' rasul. Coba untuk bab niat dibaca hadits arba'in nawawiyah hadits 1 tentang niat. Yang dimaksud ikhlas adalah menyandarkan segala pengharapan, tujuan, keinginan pada Allah swt saja. Selama hajat keinginan kita disandarkan pada Allah swt, maka boleh saja meminta apapun kecuali permintaan berbuat dholim dan maksiyat. Shalat dhuha supaya kaya ? Boleh asal mintanya ma Allah swt. Pengen jodoh ? Lulus ujian ? Boleh juga asal mintanya sama Allah swt.

Q : 1. Jika shalat dhuha, yang paling baik surah apa saja yang dibaca setelah al fatihah?
2. Betulkah keutamaan shalat dhuha itu juga sebagai pembuka pintu rizki?
A : 1. Biasa asy syams dan adh dhuha. Tapi tidak dibatasi menggunakan surat pendek yang mana saja.
2. Benar. Penjelasan sudah ada pada materi.

Q : Bagaimana caranya agar kita bisa mendawamkan shalat dhuha..
A : Dipaksa terpaksa bisa biasa dawam atau kebiasaan baru. Untuk merubah kebiasaan bahkan merubah karakter baru.

Q : Orang yang mengerjakan sholat dhuha = telah mengeluarkan sedekah,  membaca tasbih, tahmid, tahlil, takbir juga sama dengan sedekah. apa bedanya jika kita baca keempat kalimat dzikrullah itu dan sholat yang lain ustadzah?
A : Bedanya kadang kita lupa untuk membaca dzikir secara khusus..dengan shalat dhuha kita mendapat semua keutamaan shalat dhuha dan juga dzikir (tasbih, tahmid, dan tahlil) juga plus bersedekah. Karena di setiap shalat dhuha.bernilao sedekah untuk masing-masing anggota tubuh kita.

Alhamdulillah, kajian kita hari ini berjalan dengan lancar. Semoga ilmu yang kita dapatkan berkah dan bermanfaat. Aamiin....

Segala yang benar dari Allah semata, mohon maaf atas segala kekurangan. Baikalauah langsung saja kita tutup dengan istighfar masing-masing sebanyak-banyakanya dan do'a kafaratul majelis:



سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asayahadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engakau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”



Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!