Home » , , » KANKER PAYUDARA

KANKER PAYUDARA

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, April 17, 2018


Image result for kanker payudara
Kajian Online HA Ummi G1, G4
Hari/Tgl: Senin 2, Kamis 26 April 2018
Materi: Kanker Payudara
NaraSumber: dr. Lilis
Waktu Kajian: Ba'da Isya
Editor: Sapta
▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪▪




Pengertian Kanker Payudara

Payudara terbentuk dari lemak, jaringan ikat, dan ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil air susu). Saat seorang wanita melahirkan, Air Susu Ibu (ASI) akan dikirim ke puting melalui saluran kecil saat menyusui.

Sel-sel dalam tubuh kita biasanya tumbuh dan berkembang biak secara teratur. Sel-sel baru hanya terbentuk saat dibutuhkan. Tetapi proses dalam tubuh pengidap kanker akan berbeda.

Proses tersebut akan berjalan secara tidak wajar sehingga pertumbuhan dan perkembangbiakan sel-sel menjadi tidak terkendali. Sel-sel abnormal tersebut juga bisa menyebar ke bagian-bagian tubuh lain melalui aliran darah. Inilah yang disebut kanker yang mengalami metastasis.

Jika terdeteksi pada stadium awal, kanker dapat diobati sebelum menyebar ke bagian lain tubuh.


Penderita Kanker Payudara di Indonesia

Kejadian kanker payudara di Indonesia mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk pada tahun 2012, menurut data di organisasi kesehatan dunia (WHO). Dibandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia, kanker payudara di Indonesia lebih banyak diderita oleh wanita usia muda dan pada tahap yang lebih lanjut.

Dua di antara tiga wanita yang mengidap kanker payudara berusia di atas 50 tahun. Saat Anda menyadari adanya gejala kanker payudara, Anda dianjurkan untuk segera mengonsultasikannya ke dokter. Setelah pemeriksaan, dokter biasanya merujuk Anda ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut guna memastikan diagnosis.

Gejala kanker payudara

Gejala pertama dari kanker payudara yang umumnya disadari adalah benjolan atau kulit yang menebal di payudara, tetapi sekitar 9 dari 10 benjolan yang muncul bukanlah disebabkan oleh kanker.

Terdapat beberapa gejala yang perlu Anda perhatikan agar bisa ditanyakan langsung kepada dokter yang menangani Anda. Contoh gejala tersebut adalah rasa sakit pada payudara atau ketiak yang tidak berhubungan dengan siklus menstruasi.

Kemunculan benjolan atau kulit payudara yang menebal serta keluarnya cairan dari puting (biasanya disertai darah) juga perlu Anda waspadai. Beberapa gejala lainnya adalah perubahan ukuran pada salah satu atau kedua payudara, perubahan bentuk puting, serta kulit payudara yang mengerut.

Anda mungkin juga akan mengalami gatal-gatal dan muncul ruam di sekitar puting Anda. Pada bagian ketiak Anda, bisa juga muncul benjolan atau pembengkakan. Tanda-tanda dan gejala di atas perlu Anda waspadai dan usahakan untuk menanyakan pada dokter untuk memastikan kondisi yang Anda alami.

Penyebab Kanker Payudara   

Penyebab kanker  payudara belum diketahui secara pasti. Sulit untuk memastikan bahwa tiap penderita memiliki penyebab yang sama atau tidak.
Tetapi ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi tingkat risiko terkena kanker payudara, antara lain:

Didiagnosis Kanker Payudara Sebelumnya

Jika Anda pernah mengidap kanker payudara atau terjadi perubahan sifat sel kanker non-invasif yang terkandung di dalam saluran payudara menjadi sel kanker invasif, Anda dapat kembali terkena kanker pada payudara yang sama atau pada payudara satunya.

Pengaruh Benjolan Jinak yang Pernah Dimiliki

Memiliki benjolan jinak bukan berarti Anda mengidap kanker payudara, tetapi benjolan tertentu mungkin bisa meningkatkan risiko Anda. Perubahan kecil pada jaringan payudara Anda, seperti pertumbuhan sel yang tidak lazim dalam saluran atau lobulus, bisa meningkatkan risiko Anda untuk terkena kanker payudara.

Pengaruh Genetika dan Riwayat Kesehatan Keluarga

Jika Anda memiliki keluarga inti (misalnya, ibu, kakak, adik atau anak) yang mengidap kanker payudara atau ovarium, risiko Anda untuk terkena kanker payudara akan meningkat.

Faktor Usia

Seiring bertambahnya usia, risiko kanker juga akan meningkat. Kanker payudara umumnya terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun yang sudah mengalami menopause. Sekitar 80 persen kasus kanker payudara terjadi pada wanita berusia di atas 50 tahun.

Risiko Paparan Radiasi

Risiko Anda untuk terkena kanker payudara juga bisa meningkat jika sering terpapar radiasi atau akibat prosedur medis tertentu yang menggunakan radiasi seperti rontgen dan CT scan.

Risiko Paparan Estrogen

Risiko terkena kanker payudara akan sedikit meningkat akibat tingkat paparan terhadap estrogen dalam tubuh.
Contoh:
Jika Anda tidak memiliki keturunan atau melahirkan di usia lanjut. Hal ini akan meningkatkan risiko kanker payudara karena paparan terhadap estrogen tidak terhalang oleh proses kehamilan.
Jika Anda mengalami masa menstruasi yang lebih lama (misalnya, mulai menstruasi sebelum usia 12 tahun atau mengalami menopause setelah usia 55 tahun).

Pengaruh Terapi Penggantian Hormon

Terapi penggantian hormon kombinasi memiliki risiko sedikit lebih tinggi daripada terapi penggantian hormon estrogen. Tetapi keduanya tetap dapat mempertinggi risiko terkena kanker payudara.
Di antara 1.000 wanita yang menjalani terapi hormon kombinasi selama 10 tahun, diperkirakan akan ada 19 kasus kanker payudara lebih banyak dibanding kelompok wanita yang tidak pernah menerima terapi hormon. Risiko ini juga akan meningkat seiring durasi terapi, tapi akan kembali normal setelah Anda berhenti menjalaninya.

Pengaruh Kelebihan Berat Badan Atau Obesitas

Kelebihan berat badan dapat menyebabkan peningkatan produksi estrogen sehingga risiko kanker payudara akan meningkat.

Konsumsi Minuman Keras

Sebuah penelitian telah dilakukan terhadap 200 wanita pengonsumsi minuman keras dan 200 wanita bukan pengonsumsi minuman keras.
Hasilnya menyatakan bahwa anggota kelompok pengonsumsi minuman keras bisa terserang kanker sebanyak tiga orang lebih banyak. Risiko kanker payudara akan meningkat seiring banyaknya jumlah minuman keras yang dikonsumsi.

Diagnosis Kanker Payudara

Pada umumnya, kanker payudara didiagnosis melalui pemeriksaan rutin atau ketika penderitanya menyadari gejala-gejala tertentu yang akhirnya menjadi pendorong untuk ke dokter.
Pemeriksaan fisik saja tidak cukup untuk mengonfirmasi diagnosis kanker payudara.

Jika menemukan benjolan pada payudara Anda, dokter akan menganjurkan beberapa prosedur untuk memastikan apakah Anda menderita kanker payudara atau tidak.

Mamografi : Pemeriksaan dengan mamografi umumnya digunakan untuk mendeteksi keberadaan kanker.

USG : Jenis pemeriksaan ini digunakan untuk memastikan apakah benjolan pada payudara berbentuk padat atau mengandung cairan.

Biopsi : Pemeriksaan ini meliputi proses pengambilan sampel sel-sel payudara dan mengujinya untuk mengetahui apakah sel-sel tersebut bersifat ganas atau tidak.
Melalui prosedur ini, sampel biopsi juga akan diteliti untuk mengetahui jenis sel payudara yang terkena kanker, keganasannya serta reaksinya terhadap hormon.

Saat didiagnosis positif mengidap kanker, Anda memerlukan sejumlah pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui stadium dan tingkat penyebaran kanker.

Di antaranya: MRI dan CT scan.Rontgen dada. Pemeriksaan tulanguntuk mengecek apakah kanker sudah menyebar ke tulang.Biopsi kelenjar getah bening (noda limfa) di ketiak. Jika terjadi penyebaran kanker, kelenjar getah bening pertama yang akan terinfeksi adalah noda limfa sentinel.
Lokasinya bervariasi jadi perlu diidentifikasikan dengan kombinasi isotop radioaktif dan tinta biru.Anda juga dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan yang akan menunjukkan reaksi kanker pada jenis-jenis pengobatan tertentu. Di antaranya:

Pemeriksaan HER2

Kanker yang dirangsang oleh protein, disebut dengan HER2 (human epidermal growth factor receptor 2), dapat ditangani dengan obat-obatan yang memblokir efek HER2. Jenis pengobatan ini disebut terapi biologis atau molekul.

Pemeriksaan reseptor hormon

Pertumbuhan sel kanker payudara juga mungkin dipicu oleh hormon alami tubuh, misalnya estrogen danprogesteron. Sampel sel kanker akan diambil dari payudara dan diuji untuk melihat reaksinya pada estrogen atau progesteron. Jika hormon menempel pada sel kanker, yaitu pada reseptor hormon, sel tersebut akan disebut sebagai reseptor hormon positif.

Stadium Kanker PayudaraStadium menjelaskan ukuran kanker dan tingkat penyebarannya. Kanker payudara duktal non-invasif terkadang digambarkan sebagai Stadium 0. Stadium lainnya menjelaskan perkembangan kanker payudara invasif. Dokter akan menentukan stadium kanker setelah Anda didiagnosis positif terkena kanker.

Pada stadium 1
Ukuran tumor kurang dari 2 cm. Tumor tidak menyebar ke kelenjar getah bening di ketiak dan tidak ada tanda-tanda penyebaran kanker ke bagian lain tubuh.

Pada stadium 2
Ukuran tumor 2-5 cm atau tidak ada penyebaran ke kelenjar getah bening, atau keduanya. Tidak ada tanda-tanda bahwa kanker sudah menyebar ke bagian lain tubuh.

Pada stadium 3
Ukuran tumor 2-5 cm. Tumor mungkin menempel pada kulit atau jaringan di sekitar payudara. Kelenjar getah bening di ketiak terinfeksi, tapi tidak ada tanda-tanda bahwa kanker sudah menyebar ke bagian lain tubuh.

Pada stadium 4
Tumor dengan segala ukuran dan sudah menyebar ke bagian lain tubuh (metastasis).


SADARI

6 Langkah Periksa Payudara Sendiri untuk Mendeteksi Kanker Payudara
Sumber: magic-doctor

Pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) dapat dilakukan oleh wanita siapa pun setelah berusia 20 tahun. Saat yang paling tepat untuk melakukan pemeriksaan ini adalah pada hari ke 5-7 hari setelah menstruasi, saat payudara tidak mengeras, membesar, atau nyeri lagi. Untuk wanita yang telah menopause, atau tidak menstruasi lagi, mereka dapat melakukannya kapan saja, dan disarankan untuk memeriksanya sendiri setiap awal atau akhir bulan. Yuk, simak langkah-langkah melakukan SADARI!

   1.  Mulailah pemeriksaan dengan mengamati bentuk payudara di cermin. Pastikan bahu lurus sejajar, dan letakkan tangan di pinggang. Perhatikan bentuk, ukuran, dan warnanya. Kelainan yang mungkin ditemukan seperti kerutan, benjolan, lekukan, posisi puting yang tidak normal, atau struktur kulit yang tidak normal (merah, kasar, berkerut), atau bahkan nyeri.

   2.   Angkatlah kedua lengan untuk melihat kelainan bentuk payudara lagi. Lihatlah apakah kedua payudara terangkat bersama-sama.

   3.   Dengan menggunakan ujung jari, tekan perlahan permukaan payudara dan rasakan apakah ada benjolan. Rabalah sesuai dengan pola berikut: melingkar, dari atas ke bawah, dari tengah ke samping, sampai area ketiak. Lakukan langkah ini pada kedua payudara.

   4.   Selain pola melingkar, kamu juga bisa melakukan pola diagonal.

   5.   Peras puting secara perlahan, lihatlah apakah ada keluar cairan berwarna putih, atau kekuningan, atau bahkan darah.

   6.   Selain dengan berdiri, kamu juga dapat memeriksanya dalam keadaan berbaring.Ganjallah separuh punggung (sisi payudara yang mau diperiksa) dengan bantal. Taruhlah tangan dibelakang kepala. Lalu gunakan ujung jari tangan Anda yang berlawanan untuk memeriksa.


============

TANYA JAWAB

TJ – G1

Tanya: Izin bertanya dok, tapi agak keluar tema, kalau sekeliling puting payudara ada rambut-rambut agak panjang, (kayak laki-laki) itu tanda apa ya? hormon testoteron tinggi?
Jawab: Betul mbak ii pengaruh hormone. Tapi payudara ukurannya normal kan?
🔁 iya dok ukuran normal tapi ya tergolong kecil, terus bagaimana ya dok? ada terapinya ga? ada hubungan dengan kesuburan?
Jawab: Kalau ukuran payudara normal kemungkinan pengaruh hormonnya tidak terlalu mengkhawatirkan. Nanti bila sudah menikah, hamil dan menyusui akan bagus lagi.
🔁sudah menikah 1,5 tahun, tapi belum dikarunia keturunan dok.
Jawab: Dikatakan infertil bila sudah 2 tahun menikah belum hamil juga. Sebaiknya segera di cek suami istri. Karena faktor penyebabnya banyak sekali.


Tanya: Bismillah. Ijin bertanya dok kalau payudara kadang suka terasa sakit yang tiba-tiba lalu hilang atau kadang suka senat senut apakah itu normal? Atau harus ada pemeriksaan ke RS?
Jawab: Sering apa ngga mbak? Rasa sakit biasanya dari otot dan syaraf di payudara. Bila tidak ada benjolan dan tidak terlampau sering normal aja. Coba sering berolah raga agar otot otot di seluruh tubuh kita bagus metabolismenya
🔁kadang2 dok
Jawab: Perbaiki aliran darah di sekitar payudara dengan gerakan senam yang ringan saja


Tanya: Bu dokter, kalau ada benjolan di ketiak tapi dioles minyak tawon bisa mengecil/hilang, tapi kapan waktu muncul kembali, apa ini indikasi kanker? Makasi jawabannya.
Jawab: Pembesaran kelenjar getah bening di ketiak sering berupa benjolan. Benjolan ini bisa karena radang bisa juga karena tumor. Tumor bisa jinak bisa ganas. Sebaiknya diperiksa ke dokter bedah mbak.
🔁 Kalo hanya radang apakah berbahaya? apalagi jika berulang?
Jawab: Kalau radang sering berulang cukup berbahaya juga bunda. Jadi harus tuntas pengobatannya.


Tanya: Jika wanita yang pernah menyusui cenderung rendah terkena resiko kanker payudaya; bagaimana dengan wanita yang tidak meyusui dokter? apakah sudah ada penelitian korelasi antara kanker payudara dengan wanita yang tidak menyusui?
Jawab: Wanita yang tidak menyusui kemungkinan kena kanker payudaranya lebih tinggi. Hal ini karena paparan hormon estrogen yang selalu tinggi. Bila wanita pernah hamil dan menyusui maka kadar hormon berganti ganti antara estrogen, progesteron, prostaglandin dan oxitosin, jadi paparan hormonnya berganti-gantian


Tanya: Bu dokter, lagi marak-marak juga pengobatan kanker sama "waskito". Iklannya lewat sosmed termasuk wa. Dan banyak yang tertarik, malah meniadakan pengobatan medisnya. Sampai beli jaket, obat-obatan, dan lain-lain. Apa secara ilmu kedokteran sudah terbukti pengobatan seperti itu dok? Kalau belum kenapa tidak ada tindakan pemerintah untuk menyetopnya? Syukron bu dokter.
Jawab: Jaket waskito belum terbukti efektif menyembuhkan kanker. Penelitiannya masih belum tuntas dan harus dikembangkan lagi. Pemerintah sudah bertindak dengan menutup kliniknya di serpong.


Tanya: Izin bertanya dokter, kira-kira 2 tahun yang lalu beberapa orang di dekat rumah saya (3 orang) di vonis kanker payudara, hanya beda keluhan, ada yang mengeluarkan cairan dari putting, ada yang bengkak kemerahan, dan ada yang gatal yang di daerah aerola. Apakah semua yang di alami tetangga itu termasuk jenis kanker yang ganas? Apakah jenis pengobatan dengan suntik sumsum tulang belakang merupakan salah satu cara mengobati?
Jawab: Kemungkinan ini jenisnya ganas semua karena sudah terdiagnosa oleh dokter tetapi mungkin berbeda stadiumnya saja. Pengobatannya tergantung pada stadium kankernya. Ada yang disuntikkan lewat tulang belakang kemungkinan salah satu obat kemoterapi.


Tanya: Tanya lagi ya dok, apakah ada jenis makanan tertentu yang dapat  memicu kanker payudara? seorang teman saat belum menikah malahan udah di masektomi, karena payudaranya terinfeksi kanker. Apakah itu menyebabkan sampai saat ini tidak kunjung hamil?
Jawab: Makanan tidak terbukti jelas dan spesifik jenis apa yang bisa menyebabkan kanker, tapi ada zat zat yang berbahaya misalnya makanan yang dibakar dan gosong itu sifatnya karsinogen, pestisida, pengawet, oksidan dan radikal bebas dan lain-lain. Kemungkinan bila belum nikah sudah terkena biasanya ada faktor dari keluarga.


Tanya: Dok ukuran payudara saya tidak sama. Besar sebelah. Tidak ada keluhan sih dok. Tidak ada indikasi yang berbahaya kan dok?
Jawab: Bila tidak ada benjolan dan sakit ini masih normal bunda.


Tanya: Apakah ada makanan yang bisa menghambat sel kanker atau bisa membunuhnya?
Jawab: Diet dan pola hidup sehat sangat bisa menghambat sel kanker. Makanan segar, omega 3, anti oksidan. Semua diperoleh dari makanan segar tanpa banyak proses pengolahan seperti dibakar, digoreng dan lain-lain.
🔁 apalagi minyak goreng sekarang g sehat ya dokter
Jawab: Iya betul bunda. Minyak goreng sebaiknya dikurangi hanya untuk menumis dan mengoles. Gunakan minyak goreng dari minyak kelapa, jagung, zaitun. Jangan yg kelapa sawit. Jangan lupa olah raga teratur dan istirahat cukup ya mbak. Manage stress kita
🔁 jika manajemen stres ala dokter lilis bagaimana? barangkali buat masukan kita para bunda usia produktif nih.. 30-50 th
Jawab: Manajemen stress ala saya : Jaga hati tetap bersih dan lapang dengan cara:
1. Husnudzon pada Allah
Bahwa semua yg saya peroleh dalam hidup ini manis dan pahit adalah karena Allah ingin yg terbaik dari saya
Keburukan yang Allah izinkan terjadi pada saya bukan untuk menghinakan saya tapi untuk mengeluarkan potensi baik saya
2. Sabar dan syukur
Dalam keadaan sulit bersabar dan dalam keadaan senang bersyukur
3. Selalu mendekatkan diri pada Allah dengan berdzikir, dzikir dengan banyak berdoa, baca Al Qur'an dan sholat
4. Jangan pernah putus asa dari rahmat Allah


Tanya: Ijin bertanya dokter. Kalau masih gadis, payudaranya pernah dioperasi untuk pengambilan 5 benjolan, kurleb ukuran kelereng tahun lalu (usia 22 tahun, ponakan Saya dok)
Pertanyaan:
1. Payudaranya masih bisa besarkah?
2. Bekas operasinya ada efek pengaruh tidak ketika nanti punya anak menyusui apa menghambat aliran asi?
Jazakillah dok
Jawab: Berarti ini tumornya jinak ya.
1. Payudaranya masih bisa tumbuh seperti biasa tapi kemungkinan ukurannya tidak seperti yang tidak ada tumor
2. Ya ada pengaruh. Bekas lukanya membentuk jaringan ikat sehingga jumlah kelenjarnya lebih sedikit. Tapi tidak mengapa karena dikompensasi oleh kelenjar yang lainnya. Bisa dengan massage payudara juga agar lebih lancer.
🔁Pijat nya hrs rutinkah dok? Agar nnt kalau nikah punya anak bisa lancar ASI??
Jawab: Pijatnya nanti saja mbak pas hamil. Tapi jangan di daerah puting dan harus lembut yaa.


Tanya: Ada juga yang tidak mau diangkat dok. Karena katanya membuat kanker makin ganas dan menjalar. Istilahnya membangunkan macan tidur. Benar tidak itu dok?
Jawab: Tergantung stadiumnya. Kalau stadiumnya sudah 3 dan 4 tanpa diangkatpun sel kankernya akan tetap menyebar. Yang paling penting bagaimana kita mendiagnosa kanker pada stadium dini karena angka kesembuhannya lebih tinggi. Ungkapan seperti membangunkan macan tidur ada benarnya. Tapi biasanya operasi diikuti dengan terapi kemo atau sinar yg meminimalkan perkembangan kanker.


Tanya: Dok, saya kalau dirumah suka malas pakai bra. Soalnya kalau keringetan jadinya bikin gatal dibekas branya. Itu berbahaya ga ya?
Jawab: Ngga apa apa mbak. Bagus ngga pake bra kalo di rumah
🔁 Walaupun tiap hari ga pakai bra? Berpengaruh sama bentuk payudara ga dok? Katanya kan kalau ga pakai bra bikin payudara ga kencang juga turun
Jawab: Pakai bra gunanya menopang payudara terutama saat aktivitas di luar rumah. Bila di dalam rumah relatif tidak banyak aktifitas. Kalau mau kencang lebih baik dengan olah raga yang mengencangkan otot dada.


Tanya: Ijin bertanya. Seorang teman didiagnosa kanker stadium 4 dan dilakukan kemoterapi sebanyak 6 kali baru kemudian dokternya akan melakukan pengangkatan. Jika seperti ini apakah tindakan pengangkatan tidak membuat lebih baik ya dok?
Jawab: Pengangkatan pada teman kita ini berguna untuk menghentikan penyebarannya mbak. Kemo dilakukan untuk melihat kankernya terhadap terapi dan juga mematikan dulu sel kanker supaya tidak terlalu menyebar.


----------

TJ – G4

Tanya: dok izin bertanya afwan keluar tema titipan teman. Apakah sirklus haid yang tidak teratur termasuk tidak sehat? Terkadang 1-3 bulan sekali haid. Terkadang 1 bulan 2x (dan keluar gumpalan darah). Syukron
Jawab: Ya betul mbak. Siklus haid yang tidak teratur menunjukkan adanya gangguan dalam tubuh kita. Penyebab terbanyak adalah gangguan keseimbangan hormon, biasanya oleh dokter kandungan akan diobati dengan terapi hormonal. Hormon ini sangat menentukan keteraturan dalam metabolisme tubuh secara keseluruhan sehingga harus dijaga juga keseimbangannya. Jadi saran saya harus dikontrol ke dokter kandungan.

Tanya: afwan tanya lagi dok. Beberapa bulan lalu ana tiba-tiba pingsan. Dan sampai sekarang tubuh terasa lemas, dan dada terasa sesak, terkadang ada rasa mau pingsan lagi. Kalau terlalu capek dikit gitu berasa mau pingsan. Kenapa ya dok? Jazakillahu khoir
Jawab: Pingsan (sinkop) adalah kehilangan kesadaran yang terjadi secara mendadak dan dalam waktu yang singkat. Pingsan merupakan gejala dari tidak memadainya suplai oksigen dan zat makanan lainnya ke otak, yang biasanya disebabkan oleh berkurangnya aliran darah yang bersifat sementara. Kurangnya suplai oksigen bisa karena gula darah terlalu rendah akibat asupan kurang, atau juga anemia atau kurangnya zat haemoglobin dalam darah yg mengangkut oksigen ke seluruh tubuh atau bisa juga gangguan jantung. Jadi sebaiknya di cek kadar hemoglobin dan cek up fungsi jantung dan parunya juga cek gula darah.

Tanya: Tanya dok. Yang dimaksud obesitas itu yang gimana dok? Soalnya kebanyakan ibu-ibu kan pada subur-subur/gemuk (ngaku sendiri). Syukron
Jawab: Obesitas adalah penumpukan lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal. Untuk mengetahui apakah berat badan Anda termasuk berat badan yang sehat bisa dilakukan melalui metode penghitungan IMT (indeks massa tubuh). Rumus yang dipakai dalam penghitungan IMT adalah berat tubuh dalam kilogram dibagi dengan tinggi tubuh dalam satuan meter kuadrat (m²). Sebagai contoh jika berat badan seseorang adalah 66 kilogram dan tingginya adalah 1,65 meter, maka penghitungannya adalah 66/(1,65 X 1,65) = 24,2. Hasil ini termasuk ke dalam kategori berat badan sehat atau normal karena masih berkisar antara 18,5 sampai 24,9.
Jika hasil akhir penghitungan IMT Anda kurang dari 18,5 maka Anda dianggap kekurangan berat badan. Sebaliknya, jika hasilnya lebih dari 24,9 maka Anda dianggap kelebihan berat badan. Seseorang dinyatakan mengalami obesitas jika memiliki hasil perhitungan IMT di antara 30-39,9.

Obesitas dapat terjadi ketika kita sering mengonsumsi makanan berkalori tinggi. Sebenarnya mengonsumsi makanan berkalori tinggi tidak selalu menjadi masalah asalkan sesuai dengan aktivitas yang dilakukan tiap harinya. Namun, jika kita lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk dan tidak diimbangi oleh aktif berolahraga, maka sisa energi dari hasil pembakaran kalori tersebut akan disimpan di tubuh dalam bentuk lemak. Lambat laun, penumpukan lemak tersebut akan bertambah dan membuat tubuh terlihat membesar alias gemuk.

Tanya: Dok titipan dari teman, dia pernah operasi payudara sekitar 10 tahun yang lalu sebelah kanan. Karena ada benjolan sebesar telur. Alhamdulillah sudah sembuh. Dan sekarang di sebelah kiri muncul juga benjolan kecil. Bagaimana ya Dok? Syukron
Jawab: Sepertinya ini jenis tumor jinak payudara mbak, seringkali bentuknya adalah fibro adenoma mammae atau FAM. Tidak berbahaya tapi seringkali kambuh atau tumbuh kembali. Dan biasanya akan dianjurkan untuk diangkat kembali

Tanya: Dok afwan, di bahu lengan muncul bintik-bintik seperti jerawat batu, ini apa ya dok? Tidak gatal dan cuma di bagian lengan atas saja.
Jawab: Usianya berapa mbak? Pada usia remaja sampai usia 24-an sering timbul jerawat sampai ke bahu dan punggung. Karena pada usia tersebut kelenjar minyak dalam tubuh sedang aktif. Pada usia 25 tahun ke atas sudah mulai berkurang. Jada kebersihan kulit agar tidak menjadi infeksi dan bertambah banyak.

Tanya: sekarang banyak pengobatan dengan matres yang panas itu dok, dari korea atau japan. Katanya bisa menyembuhkan penyakit dan banyak orang pula yang berpondong-bondong terapy. Apakah benar itu bisa menjamin sembuh dok?
Jawab: Afwan saya kurang menguasai ini. Kalau tidak salah pake seperti gelombang panas seperti laser ya mbak? Prinsipnya seperti yang digunakan oleh dokter rehabilitasi medis, biasanya dipakai untuk pengobatan bila ada kelainan tulang leher atau pinggang.
Panas bisa merangsang aliran darah di sekitar daerah yang terkena menjadi lebih aktif sehingga bisa memperbaiki daerah tersebut terutama bila ada penyempitan-penyempitan.

=================

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage : Kajian On line-Hamba Allah
FB : Kajian On Line-Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official





Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!