Home » , , » RAHASIA LANGIT

RAHASIA LANGIT

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Thursday, May 3, 2018


Image result for rahasia langit
Rekap Kajian Online HA G1
Hari, tanggal: Jum'at, 28 April 2018
Materi: Rahasia langit
Narasumber: Ustadz Syahrowi
Waktu kajian: 16.00-20.00
Editor: Sapta
**************************

 


Sejenak pandanglah ke langit. Betapa indah pesonanya, dihiasi awan, tinggi tak berujung dan tak bertepi. Siang hari nampak matahari bersinar menyinari sekelilingnya, sedang saat malam tiba, bulan dan bintang-bintang menghiasinya. Sungguh sangat luar biasa, Allah menciptakannya dengan arsitektur yang sangat hebat. Silih bergantinya siang dan malam, langit gelap dan terang, membuat roda kehidupan dunia berjalan dengan baik. 

Pandanglah ke langit, disana tertulis rahasia tentang harapan, cita dan akhir kehidupan.  Tidak salah saat dulu, orangtua mengatakan agar meraih cita-cita setinggi bintang di langit. Karena memang di langit terukir indah cita-cita itu, tidak tampak tapi terasa dekat untuk diraih. Disana juga tertulis akhir kehidupan seseorang, saat ruh naik ke langit menuju pemiliknya.

Tak sulit bagi Allah untuk menciptakannya. Hanya dalam dua masa. Terlepas dari tafsiran, apakah satu hari jadi 100 tahun dunia, tetapi Al Qur'an menyebutnya dua masa. Allah berfirman :

فَقَضَاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ فِي يَوْمَيْنِ وَأَوْحَىٰ فِي كُلِّ سَمَاءٍ أَمْرَهَا ۚ وَزَيَّنَّا السَّمَاءَ الدُّنْيَا بِمَصَابِيحَ وَحِفْظًا ۚ ذَٰلِكَ تَقْدِيرُ الْعَزِيزِ الْعَلِيمِ

"Maka Dia menjadikannya tujuh langit dalam dua masa. Dia mewahyukan pada tiap-tiap langit urusannya. Dan Kami hiasi langit yang dekat dengan bintang-bintang yang cemerlang dan Kami memeliharanya dengan sebaik-baiknya. Demikianlah ketentuan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui." (QS. 41:12)

Allah merancangnya memang luar biasa, langit Ia ciptakan setelah bumi. Memang demikianlah membangun sesuatu mulai dari bawah dan diakhiri dengan bangun atap.

{هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الأرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَى إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

"Dialah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kalian dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu." (QS. 2:29)

Ibnu Katsiir dalam tafsirnya menyebutkan bahwa Allah Swt. memulai ciptaan-Nya dengan menciptakan bumi, kemudian menciptakan tujuh lapis langit. Memang demikianlah cara membangun sesuatu, yaitu dimulai dari bagian bawah, setelah itu baru bagian atasnya.

Jika langit yang tinggi itu Allah ciptakan begitu mudahnya,  maka diri manusia sendiri tidak lah sulit membuatnya. Susunan anatomi tubuh plus jaringan sarafnya yang begitu rumit,  Allah ciptakan sebagai sebaik baik ciptaan.

{أَأَنْتُمْ أَشَدُّ خَلْقًا أَمِ السَّمَاءُ بَنَاهَا * رَفَعَ سَمْكَهَا فَسَوَّاهَا * وَأَغْطَشَ لَيْلَهَا وَأَخْرَجَ ضُحَاهَا *

"Apakah kalian yang lebih sulit penciptaannya ataukah langit? Allah telah membinanya. Dia meninggikan bangunannya, lalu menyempurnakannya, dan Dia menjadikan malamnya gelap gulita dan menjadikan siangnya terang benderang." (QS.

Pandanglah ke langit, rahasia-rahasia itu akan 'tampak'. Disanalah Allah bersemayam, mengatur seluruh kehidupan ini.  Dia mengutus malaikatnya saat turun dari langit untuk memenuhi kebutuhan manusia, memberi rahmat dan mengatur rezeki.  Dari sana juga lah akhir dari dunia, saat malaikat Israfil  meniup sangkakala. Suaranya akan menggelegar di seluruh penjuru langit dan bumi. Langit pun akan terbelah, hingga bintang-bintang berjatuhan, pertanda dunia telah berakhir.

إِذَا السَّمَاءُ انْفَطَرَتْ (1) وَإِذَا الْكَوَاكِبُ انْتَثَرَتْ (2)

"Apabila langit terbelah, dan apabila bintang-bintang jatuh berserakan" (QS.82:1-2)

Pandanglah ke langit, tengadahkan  tangan lalu berdoalah dengan tulus kepada Allah, mohon petunjuknya agar selamat di dunia dan akhirat. Ucapkan dengan lirih, mohon ampunan kepadaNya atas semua kealpaan, kesalahan dan perbuatan dosa yang telah terjadi, semoga Allah mengampuninya.

'Pandanglah ke langit', dimanakah tempatmu kelak, di surga atau neraka? Karena saat langit sudah hancur dan terjadi kiamat, semua wajah akan tertunduk. Berjalan hina dan ketakutan menghadap Allah dan tidak ada yang berani menegakkan kepalanya. Semua bersiap menghadapi pengadilan Allah.

Sudahkah engkau temukan 'rahasia langit' itu?  Wallahu'alam. 



***************
TANYA JAWAB


Tanya: Ustadz, saya jadi teringat (ayat) yang menyebutkan tukang sihir dengan bantuan jin akan mendengarkan bocoran dari langit. Apakah maksudnya jin tersebut mendengarkan percakapan malaikat ataukah kitab Lauh Mahfuzh? afwan yang fakir ilmu ini ustadz
Jawab: iya betul syetan-syetan berusaha mendapatkan informasi dari langit tetapi malaikat menahan dengan cambuk api. Jadi sebenarnya apa yang disampaikan oleh tukang sihir yang sumbernya dari syetan bohong belaka.


Tanya: Ijin bertanya, Allahu Akbar, indah dan megahnya alam semesta. Yang masih sering jadi pembahasan adalah bagaimana Allah menciptakan alam? karena banyak teori-teoari non muslim (misal big bang, nebul, dll) yang menjejal anak-anak saya sehingga menyesatkan pikiran. Bagaimana menjelaskan ke anak-anak (usia 7-10 tahun)?
Jawab: Kalau ini memang harus membaca teori fisika terkait dengan alam, lalu dihubungkan dengan agama. Pada hakikatnya tidak bertentangan, karena ahli fisika pun pada akhirnya atas keteraturan alam ini mengambil kesimpulan bahwa pasti ada penciptanya. Wallahu'alam. Bilang saja sama anak-anak yang menciptakan adalah Allah.


Tanya: Assalamualaikum ustadz mau tanya, ketika terjadi kiamat, apakah matahari ikut musnah? lalu saya pernah dengar dipadang mahsyar nanti matahari itu jarak sejengkal dari kepala, benahkah ustadz? Mohon penjelasannya beserta dalilnya, afwan ana yang fakir ilmu Wasalamualaikum
Jawab: Saat kiamat terjadi semuanya musnah tak terkecuali matahari. Matahari pun ikut musnah.  Para ulama mengatakan ada beberapa yang tidak ikut musnah antara lain surga dan neraka, arsy-nya Allah, ruh, tulang ekor manusia, dll. Wallahu'alam. Dalilnya dicari dulu .


Tanya: Izin bertanya ustadz, berarti kalau anak-anak kita bertanya Allah itu di mana? berarti di langit ya ustadz? dari artikel tadi penjelasannya mengarah ke situ, berarti Arsy itu berada di langit ustadz?
Jawab: untuk anak-anak memang jika ditanya dimanakah Allah, Allah tempatnya di Arsy yang letaknya di atas langit ke tujuh. Posisi tepatnya dimana? Wallahu'alam



=================

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage: Kajian On line-Hamba Allah
FB: Kajian On Line - Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official






Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!