Home » , » Tingkatan-Tingkatan Cinta

Tingkatan-Tingkatan Cinta

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, May 9, 2018


Image result for tingkatan cinta dalam islam
KAJIAN ONLINE HAMBA ALLAH G4
Hari/Tgl: Senin, 30 April 2018
Narsum: Ust. Cipto
Tema: Tahapan² Cinta
Waktu: Bada Ashar
Admin: Sugi, Delia, Aini
Notulen: Laela
Editor: Sapta
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖


Bunda sekalian...
Kali ini masih akan bahas tentang cinta dengan judul Tingkatan-Tingkatan Cinta (مرا تب المحبة)

Kata cinta adalah kata universal sebagai bentuk pengungkapan perasaan. Banyak perbedaan perasaan yang terwakili dan setiap perasaan memiliki makna yang berbeda. Adapun tingkatan cinta yang akan disampaikan adalah dalam kedalaman maknanya sebagai berikut:

1. التتيم At-tatayyum
2. العشق Al-Asyiq
3. الشوق Asy Syauq
4.الصبا بة Ash Shobabah
5. العطف Al Athfu
6. العلاقة Al Alaaqotu


Pengertian

1. At-Tatayyum adalah cinta paling dalam sebuah perasaan cinta yang paripurna.
Cinta yg dapat mengabaikan dan menafikan obyek lain. Cinta yang dapat melahirkan ketaatan sepenuhnya, pengabdian setulusnya, dan pengorbanan seutuhnya. Cinta ini adalah cinta hamba kepada Allah Swt.

Al-Baqarah 2:165

وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَن يَتَّخِذُ مِن دُونِ ٱللَّهِ أَندَادًا يُحِبُّونَهُمْ كَحُبِّ ٱللَّهِۖ وَٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا أَشَدُّ حُبًّا لِّلَّهِۗ وَلَوْ يَرَى ٱلَّذِينَ ظَلَمُوٓا إِذْ يَرَوْنَ ٱلْعَذَابَ أَنَّ ٱلْقُوَّةَ لِلَّهِ جَمِيعًا وَأَنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعَذَابِ

Dan di antara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zhalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya (niscaya mereka menyesal).


2. Al-Isyq atau dalam bahasa sehari-hari asyik. 
Adalah perasaan cinta yang ditujukan kepada sesama manusia, namun dengan kesadaran bahwa manusia yang dicintai itu memiliki semua keistimewaan sebagai manusia. Sederhananya ia adalah idola dalam segalanya yang kita ingin mengidentikan diri sepertinya. Inilah cinta yang seharusnya kita tujukan kepada Rasulullah SAW.
Kenapa Rasulullah SAW tentu kita tahu alasannya, diantaranya dalam QS 3:31 Aal-e-Imran 3:31

قُلْ إِن كُنتُمْ تُحِبُّونَ ٱللَّهَ فَٱتَّبِعُونِى يُحْبِبْكُمُ ٱللَّهُ وَيَغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْۗ وَٱللَّهُ غَفُورٌ رَّحِيمٌ
Indonesian - Bahasa
Katakanlah (Muhammad), “Jika kamu mencintai Allah, ikutilah aku, niscaya Allah mencintaimu dan mengampuni dosa-dosamu.” Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Indonesian - Tafsir Jalalayn
(Katakanlah) kepada mereka hai Muhammad! ("Jika kamu benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku niscaya Allah mencintaimu) dengan arti bahwa Dia memberimu pahala (dan mengampuni dosa-dosamu, Allah Maha Pengampun) terhadap orang yang mengikutiku, mengenai dosa-dosanya yang telah terjadi sebelum itu (lagi Maha Penyayang") kepadanya.


3. Asy Syauq berarti rindu.
Kecintaan yang bermuatan kerinduan ini adalah rasa cinta yg diberikan kepada sesama manusia karena motivasi aqidah dan akhlak, sebelum motivasi yang lainnya.QS An-Nisa : 1 dan Ar Ruum : 22


4. Ash-Shababah berarti curahan. 
Ia adalah perasaan cinta kepada sesama manusia yang lahir karena kesaman keyakinan pikiran dan cita-cita. Cinta ini cinta sederhana yang tidak perlu proses berliku-liku, QS Al Hujurat :10


5. Al-Athf adalah empati. 
Jenis cinta ini merupakan cinta seorang mukmin yang diberikan kepada sesama manusia, karena merasa iba dan empati. Gampangnya rasa kasihan yang melahirkan keinginan untuk membahagiakan orang lain.


6. Al-'Alaqah berati hubungan atau ketertautan. 
Cinta dalam kategori ini adalah sebuah cinta seseorang kepada suatu obyek atau seseorang karena ada kebermanfaatan.

Untuk contoh 1 dan 2 sudah cukup jelasnya no 1 cinta hanya kepada Allah dan 2 cinta kepada rasulullah SAW.
Contoh asy syauq adalah cinta suami pada istri dan sebaliknya ada ikatan yang terbangun yakni ikatan pernikahan karena akad.
Ash shababah contohnya cinta karena persahabatan sesama muslim yang sering dicontohkan sampaikan rasa cinta pada saudaramu dengan uhibbukum fillah.
Al atfh adalah cinta kepada saudara kita yang tertimpa musibah dengan segala upaya kita membantunya agar kembali muncul kebahagiaan.
Al alaqah itu cinta kita dengan Hp misalnya karena kebermanfaatannya bisa menuntut ilmu atau komunikasi lebih mudah dan lain sebagainya.


************
TANYA JAWAB


Tanya: Kalau cinta kepada istrinya karena al alaqah bagaimana ustadz? banyak ustadz jaman now.
Jawab: Bersabar dan terus berikhtiar kedua belah pihak agar tingkatannya bisa naik sampai ke asy syauq. Saya pribadi pernah punya teori ”Tundukanlah suamimu dengan ketaatanmu kepadanya dalam kebaikan dan taqwa kpd Allah”. Pepatah jawa witting tresno jalaran soko kulino. Hanya prosesnya jangan sekedar ya bunda butuh Mastatho’tum dan asli ujian kesabaran. Dan biasanya kalau tidak naik tingkatannya ya karena dari awalnya memang salah menempatkan niatnya, jadilah seperti itu. Ada kata kunci penting dalam meningkatkan tingkatan cinta yakni Al Ilmu


Tanya: Dan sekarang istri baru menyadari dan merasa habis maniis sepah dibuang ustadz?!
Jawab: Nah itu yang kemudian terjadi, ahsan tetap ada proses islah atau perbaikan, bisa libatkan pihak ketiga yang dipercaya semua pihak, meski dalam hal ini keikhlasan harus terbangun.



•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage: Kajian On line-Hamba Allah
FB: Kajian On Line - Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!