Home » , , , » Hati Yang Dipenuhi Hawa Nafsu - RISALAH HATI (Serial Ramadhan-20)

Hati Yang Dipenuhi Hawa Nafsu - RISALAH HATI (Serial Ramadhan-20)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Wednesday, June 6, 2018


Hati yang dipenuhi Hawa Nafsu

Apalah artinya hidup jika selalu memperturutkan hawa nafsu, sebab ia telah menghilangkan kemuliaannya sebagai manusia. Malaikat dan Iblis saja disuruh Allah untuk sujud karena ia mulia. Namun, saat nafsu sudah memenuhi hatinya derajatnya bisa lebih rendah dari binatang.

Hati yang dipenuhi hawa nafsu adalah kecondongan jiwanya terhadap sesuatu yang disukainya sehingga keluar dari batas syari’at. Syaikhul Islam rahimahullah berkata, “Seseorang yang mengikuti hawa nafsu adalah seseorang yang mengikuti perkataan atau perbuatan yang dia sukai dan menolak perkataan atau perbuatan yang dia benci dengan tanpa dasar petunjuk dari Allâh Azza wa Jalla ” ( Majmû’ Fatâwâ, 4/189)

Allah Ta'ala melarang mengikuti hawa nafsu karena akan membuatnya tersesat dari jalan Allah. Firman Allah :

....وَلَا تَتَّبِعِ الْهَوَىٰ فَيُضِلَّكَ عَنْ سَبِيلِ اللَّهِ

...dan janganlah kamu mengikuti hawa nafsu, karena ia akan menyesatkan kamu dari jalan Allâh. (QS. 38: 26)

Hati yang diliputi hawa nafsu membuat dirinya menjadi penentang syariat, sebab ia tidak mendapat petunjuk dari Allah. Segala sesuatu yang datang dari Allah tidaklah dapat menerangi hatinya. Ia terus terombang-ambing dalam kesesatannya. Firman Allah :

...وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنِ اتَّبَعَ هَوَاهُ بِغَيْرِ هُدًى مِنَ اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ لَا يَهْدِي الْقَوْمَ الظَّالِمِينَ

"....Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allâh sedikitpun. Sesungguhnya Allâh tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zhalim. (QS. 28: 50)

Hati yang diliputi hawa nafsu akan menyebabkan kehancuran dan kebinasaan.  Ia hanya mencari kesenangan semata tanpa peduli rambu-rambunya.  Sabda Rasulullah, "

َ....فَأَمَّا ثَلَاثٌ مُهْلِكَاتٌ: شُحٌّ مُطَاعٌ وَ هَوًى مُتَّبَعٌ وَإِعْجَابُ الْمَرْءِ بِنَفْسِهِ

"Adapun tiga perkara yang membinasakan adalah: kebakhilan dan kerakusan yang ditaati, hawa nafsu yang diikuti, dan  seseorang yang membanggakan diri sendiri."

Hati yang diliputi hawa nafsu menjadikan nafsunya sebagai Tuhan.  Setiap yang diinginkan oleh nafsu maka ia lakukan demi kepuasannya. Jika nafsu telah menjadi Tuhan maka  ia hidup bagai mayat berjalan, sebab hatinya mati, tidak ada lagi filter antara yang haq dan yang bathil. Allah telah mengunci mati pendengaran, hati dan penglihatannya.

Firman Allah :

أَفَرَأَيْتَ مَنِ اتَّخَذَ إِلَٰهَهُ هَوَاهُ وَأَضَلَّهُ اللَّهُ عَلَىٰ عِلْمٍ وَخَتَمَ عَلَىٰ سَمْعِهِ وَقَلْبِهِ وَجَعَلَ عَلَىٰ بَصَرِهِ غِشَاوَةً فَمَنْ يَهْدِيهِ مِنْ بَعْدِ اللَّهِ ۚ أَفَلَا تَذَكَّرُون

“Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhannya dan Allah membiarkannya berdasarkan ilmu-Nya dan Allah telah mengunci mati pendengaran dan hatinya dan meletakkan tutupan atas penglihatannya? Maka siapakah yang akan memberinya petunjuk sesudah Allah (membiarkannya sesat). Maka mengapa kalian tidak mengambil pelajaran?” (QS. 45 : 23).

Hati yang dipenuhi hawa nafsu tidak akan merasakan indahnya surga kelak, sebab ia akan ditempatkan di neraka. Sebaliknya yang takut pada kebesaran Allah dan tidak mengikuti hawa nafsunya, maka tempatnya kelak di surga. Allah Ta'ala berfirman :

وَأَمَّا مَنْ خَافَ مَقَامَ رَبِّهِ وَنَهَى النَّفْسَ عَنِ الْهَوَىٰ (40) فَإِنَّ الْجَنَّةَ هِيَ الْمَأْوَىٰ (41)

Dan adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka sesungguhnya syurgalah tempat tinggal(nya).
 (QS. 79: 40-41)

Semoga di bulan ramadhan mulia ini, Allah selalu membimbing hati kita sehingga selau mampu menundukkan hawa nafsu dengan sebaik-baiknya. Hanya Allâhlah  tempat memohon pertolongan.  Amin.

@Bogor,  4 Juni 2018, pukul 22.14 wib.

#catatan Ustadz Syahrowi Munthe ( Muwajjih KOL Hamba Allah)

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!