Home » , » Hati Yang Kikir - RISALAH HATI (Serial Ramadhan-17)

Hati Yang Kikir - RISALAH HATI (Serial Ramadhan-17)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, June 5, 2018

Image may contain: one or more people, text, outdoor and nature



Hati Yang Kikir ~ Ustadz Syahrawi Munthe

Salah satu amalan yang dilakukan untuk menentramkan jiwa adalah rela berbagi sebagian dari karunia yang Allah berikan. Berbagi dengan kerabat (saudara), fakir miskin dan siapa saja yang membutuhkan. Jika ini dilakukan maka sungguh, akan timbul kedamaian yang sangat indah dalam hati. Sebaliknya jika tidak mau berbagi , maka ia tergolong orang kikir dan juga munafik, yang akan menyiksa hatinya.

Allah Ta'ala menjelaskan dalam Al Qur'an tentang orang-orang munafik yang berikrar untuk berbagi (bersedekah) jika Allah memberikan sebagian karuniaNya. Namun setelah Allah berikan karuniaNya itu, mereka kikir dan berpaling. Firman Allah:
فَلَمَّا آتَاهُمْ مِنْ فَضْلِهِ بَخِلُوا بِهِ وَتَوَلَّوْا وَهُمْ مُعْرِضُونَ

"Maka setelah Allah memberikan kepada mereka sebahagian dari karunia-Nya, mereka kikir dengan karunia itu, dan berpaling, dan mereka memanglah orang-orang yang selalu membelakangi (kebenaran)." (QS 9 :76)

Hati yang kikir adalah akibat dari bisikan syetan, seolah jika ia berbagi atau bersedekah maupun berinfaq, maka ia akan jadi miskin. Padahal faktanya terbalik, bahwa orang yg senang berbagi, rezekinya akan semakin lancar. Allah berfirman:
 الشَّيْطَانُ يَعِدُكُمُ الْفَقْرَ وَيَأْمُرُكُمْ بِالْفَحْشَاءِ ۖ وَاللَّهُ يَعِدُكُمْ مَغْفِرَةً مِنْهُ وَفَضْلًا ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui." ( QS. 2 : 268)

Orang-orang yang kikir dan pelit didoakan malaikat agar hartanya dihancurkan Allah, sebaliknya malaikatpun berdoa orang yang suka berinfak, diganti oleh Allah. Sabda Rasulullah:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا، وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا
.
"Tidak satu hari pun dimana seorang hamba berada padanya kecuali dua Malaikat turun kepadanya. Salah satu di antara keduanya berkata, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Sedangkan yang lainnya berkata, ‘Ya Allah, hancurkanlah harta orang yang kikir.'” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hati yang diselimuti sifat kikir tidak akan pernah merasakan keberkahan dalam hartanya, karena ia tidak mendapatkan kebahagiaan. Harta yang ia peroleh hanyalah mempercepat kehancurannya. Entah bagaimana caranya Allah menghancurkannya secara perlahan.

Hati yang diselimuti sifat kikir adalah orang-orang yang tidak sadar bahwa harta yang ia miliki sesuungguhnya milik Allah, dan Allah menyuruh membelanjakannya. namun ia kikir. Firman Allah Ta'ala:

هَا أَنْتُمْ هَٰؤُلَاءِ تُدْعَوْنَ لِتُنْفِقُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَمِنْكُمْ مَنْ يَبْخَلُ ۖ وَمَنْ يَبْخَلْ فَإِنَّمَا يَبْخَلُ عَنْ نَفْسِهِ ۚ وَاللَّهُ الْغَنِيُّ وَأَنْتُمُ الْفُقَرَاءُ ۚ وَإِنْ تَتَوَلَّوْا يَسْتَبْدِلْ قَوْمًا غَيْرَكُمْ ثُمَّ لَا يَكُونُوا أَمْثَالَكُمْ

"Ingatlah, kamu ini orang-orang yang diajak untuk menafkahkan (hartamu) pada jalan Allah. Maka di antara kamu ada yang kikir, dan siapa yang kikir sesungguhnya dia hanyalah kikir terhadap dirinya sendiri. Dan Allah-lah yang Maha Kaya sedangkan kamulah orang-orang yang berkehendak (kepada-Nya); dan jika kamu berpaling niscaya Dia akan mengganti (kamu) dengan kaum yang lain; dan mereka tidak akan seperti kamu ini." (QS. 47 : 38)

Ramadhan yang mulia, penuh dgn keberkahan. Bersedekahpun sangat ringan, momen yang lur biasa untuk berbagi dengan sesama, baik berupa takjil, santunan yatim, berbagi sahur, ataupun zakat. Semoga Allah menghilangkan sifat kikir dalam hati kita, agar kebahagiaan melekat dalam jiwa.

@Bogor, 1 Juni 2018, pukul 21.57 wib

•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage: Kajian On line-Hamba Allah
FB: Kajian On Line - Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!