Home » , » Kebahagiaan Hati - RISALAH HATI (Serial Ramadhan-4)

Kebahagiaan Hati - RISALAH HATI (Serial Ramadhan-4)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Monday, June 4, 2018


Image may contain: text
Kebahagiaan Hati ~ Ustadz Syahrawi Munthe


Tak ada seorangpun di dunia ini yang tak ingin bahagia. Semua ingin merasakan kebahagiaan baik di dunia ini maupun di akhirat kelak. Sekalipun memang kebahagiaan bukan hanya karena harta, tetapi secara kasat mata orang yang diberi kelebihan harta, rumah yang luas, istri yang cantik dan shalihah, anak-anak yang sehat, kendaraan yang bagus, terlihat bahagia. Hal ini sesuai dengan Sabda Nabi dalam riwayat shahih:

أَرْبَعٌ مِنَ السَّعَادَةِ: اَلْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ، وَالْمَسْكَنُ الْوَاسِعُ، وَالْجَارُ الصَّالِحُ، وَالْمَرْكَبُ الْهَنِيُّ. وَأَرْبَعٌ مِنَ الشّقَاءِ: الْجَارُ السّوءُ، وَاَلْمَرْأَةُ السُّوءُ، وَالْمَركَبُ السُّوءُ، وَالْمَسْكَنُ الضَّيِّقُ.

"Empat perkara termasuk dari kebahagiaan, yaitu wanita (istri) yang shalihah, tempat tinggal yang luas/ lapang, tetangga yang shalih, dan tunggangan (kendaraan) yang nyaman.Dan empat perkara yang merupakan kesengsaraan yaitu tetangga yang jelek, istri yang jelek (tidak shalihah), kendaraan yang tidak nyaman, dan tempat tinggal yang sempit.” (HR. Ibnu Hibban)

Tentu tidaklah semua orang dapat memiliki semua yang disebutkan di hadist tersebut. Ada yg mempunyai istri yg tidak cantik pun belum shalihah, tidak juga mempunyai kendaraan, juga tidak mempunyai rumah yg luas. Tetapi wajahnya menampakkan kebahagiaan. Bisa jadi karena fokusnya sudah beralih kepada yang lebih penting. Nabi Nuh misalkan, punya istri yang tidak shalihah (tidak beriman pada Allah), tidak lantas terus bersedih dan menderita karena fokusnya adalah memenuhi seruan Allah.

Kebahagiaan hati adalah kebahagiaan hakiki. Saat semua tidak sesuai harapan, maka ia akan bersabar dan tawakkal. Harta yang tak banyak, dijaga dengan qona'ah dan selalu bersyukur padaNya, sehingga rumah yang sempit akan terasa luas, kendaraan tak punya juga tak jadi soal.

Kebahagiaan hati adalah kebahagiaan surgawi. Sebab sebanyak apapun harta, keturunan yang banyak, istri yang cantik, atau mewahnya kendaraan, satu per satu akan pergi atau ditinggal. Ada masa saat satu per satu pergi, misal kematian, maka kebahagiaan akan menyusut, lalu berubah jadi kesedihan. Dunia ini hakikatnya adalah penjara bagi orang-orang yang beriman sebab ada benteng-benteng yang tak boleh dilewati.

Kebahagiaan hati adalah kebahagiaan saat mengetahui janji Allah di akhirat kelak, yaitu masuk surgaNya dan kekal di dalamnya. Sebagaimana firman Allah:
وَأَمَّا الَّذِينَ سُعِدُوا فَفِي الْجَنَّةِ خَالِدِينَ فِيهَا مَادَامَتِ السَّمَاوَاتُ وَاْلأَرْضُ إِلاَّ مَاشَآءَ رَبُّكَ عَطَآءً غَيْرَ مَجْذُوذٍ

"Adapun orang-orang yang berbahagia, maka tempatnya di dalam surga, mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali jika Tuhanmu menghendaki (yang lain); sebagai karunia yang tiada putus-putusnya.” (QS. Hud/11 : 108)

Kebahagiaan hati adalah saat mengerjakan amal shalih, sebab Allah telah janjikan kehidupan yang baik, bahkan Allah berikan balasan yang baik dari apa yang dikerjakan. Maka pantaskah orang beriman masih ragu dengan janji Allah? Allah berfirman:

مَنْ عَمِلَ صَالِحًا مِّن ذَكَرٍ أَوْ أُنثَى وَهُوَ مُؤْمِنٌ فَلَنُحْيِيَنَّهُ حَيَاةً طَيِّبَةً وَلَنَجْزِيَنَّهُمْ أَجْرَهُمْ بِأَحْسَنِ مَاكَانُوا يَعْمَلُونَ

“Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. An-Nahl/16 : 97)

Kebahagiaan hati adalah kebahagiaan yang bersumber dari syukur dan sabar. Karena itulah Rasulullah menyebutkan betapa menakjubkannya orang yang beriman yang selalu mendatangkan kebaikan. Sabda Nabi:
 
"Sungguh menakjubkan keadaan orang-orang yang beriman. Sesungguhnya seluruh keadaan orang yang beriman hanya akan mendatangkan kebaikan untuk dirinya. Demikian itu tidak pernah terjadi kecuali untuk orang-orang yang beriman. Jika dia mendapatkan kesenangan maka dia akan bersyukur dan hal tersebut merupakan kebaikan untuknya. Namun jika dia merasakan kesusahan maka dia akan bersabar dan hal tersebut merupakan kebaikan untuk dirinya.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah)

Kebahagiaan hati adalah kebahagiaan yang didapat dari shalat, dzikir dan baca Al Qur'an. Dengan sholat ia dialog dgn Allah, dengan dzikir ia ingat dengan Allah setiap waktu dan dengan baca Al Qur'an, ia sedang baca surat cinta yg menuntunnya ke surga.

Al Hasan al-Bashri mengatakan, “Carilah kenikmatan dan kebahagiaan dalam tiga hal, dalam sholat, berzikir dan membaca Al Quran, jika kalian dapatkan maka itulah yang diinginkan, jika tidak kalian dapatkan dalam tiga hal itu maka sadarilah bahwa pintu kebahagiaan sudah tertutup bagimu.”

Di bulan ramadhan ini, pintu-pintu kebaikan dan surga terbuka lebar, gapailah kebahagiaan itu, jangan biarkan berlalu begitu saja. Semua amalan shalih dapat dilaksanakan karena keberkahannya. Bersemangatlah agar engkau dapatkan kebahagiaan hakiki yaitu meraih surga dan berjumpa kelak dengan pemilik jagad raya ini. Wallahu'alam

@Bogor, 19 Mei 2018, pukul 22.20 wib.


•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage: Kajian On line-Hamba Allah
FB: Kajian On Line - Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official

Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!