Home » , , , » Hemorrhoid

Hemorrhoid

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Friday, October 19, 2018


Hasil gambar untuk hemorrhoids
Rekap Kajian Link Online HA Ummi G3 & G6
Hari/Tgl: Kamis, 6 September 2018
Materi: Hemorrhoid
NaraSumber: dr Lilis
Waktu Kajian: 19.30 - selesai
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖




بِسمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

PENGERTIAN

Di Indonesia lebih familiar dengan istilah penyakit wasir atau ambeien.

Dalam istilah medis penyakit wasir dikenal dengan istilah hemorrhoid. Hemorrhoid adalah pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena (varises) yang terletak di sekitar anus atau pada rektum bagian bawah.

Secara normal vena-vena pada anus dan rektum akan menyalurkan darah kembali ke jantung, karena pembuluh darah melebar maka darah akan terkumpul disana sehingga membentuk tonjolan atau benjolan abnormal yang teraba lunak yang tak lain merupakan pelebaran vena yang berisi darah.
Besarnya ambeien (benjolan) tergantung pada derajat keparahannya.

Ambeien ini dapat terjadi diantaranya akibat mengejan yang terlalu kuat saat buang air besar atau karena meningkatnya tekanan pada pembuluh darah vena selama kehamilan, penyebab wasir lainnya akan dibahas lebih lanjut nanti.

JENIS WASIR

Wasir dapat terletak di dalam rektum yang disebut hemorrhoid internal (wasir dalam), atau dapat berkembang di bawah kulit di sekitar anus yang disebut hemorrhoid external (wasir luar).

Dari kedua bentuk wasir tersebut, hemorrhoid eksternal adalah yang paling sering terjadi dan paling merepotkan. Ambeien dapat menyebabkan nyeri dan gatal pada anus serta rasa sakit ketika duduk.

PENYEBAB

Penyebab sesungguhnya dari wasir tidak diketahui dengan jelas.

Sejumlah faktor dipercaya turut berperan antara lain:
1.  kebiasaan buang air besar yang tidak teratur (konstipasi atau diare),
2.  kurang olah raga,
3. faktor nutrisi (diet rendah serat),
4.  peningkatan tekanan intra-abdomen,
5.  genetik,
6.  tidak adanya katup di dalam pembuluh-pembuluh vena,
7.  dan usia lanjut.

Faktor lain yang diduga meningkatkan risikonya adalah:
1.  obesitas,
2.  duduk dalam jangka waktu lama,
3.  batuk kronik,
4.  dan gangguan fungsi dasar panggul.

Namun, sangat sedikit bukti mengenai keterkaitan ini.

Selama kehamilan, tekanan dari fetus pada abdomen dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemoroid membesar. Proses melahirkan juga menyebabkan peningkatan tekanan intra-abdomen.
Pada Wanita hamil jarang memerlukan pembedahan, karena gejalanya biasanya hilang setelah melahirkan.

GEJALA HEMOROID

Gejala yang muncul akibat wasir atau hemoroid pada umunya ringan.
Gejalanya bisa menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Beberapa orang bahkan tidak menyadari mereka menderita hemoroid karena mereka tidak mengalami gejala sama sekali.

Gejala yang sering kali muncul adalah :
1.  Pendarahan setelah buang air besar, warna darah akan merah terang.
2.  Keluarnya mukosa atau lendir setelah buang air besar.
3. Benjolan tergantung di luar anus, benjolan ini biasanya bisa di dorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
4. Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.  Rasa sakit, memerah dan pembengkakan di sekitar anus.
5. Hemoroid biasanya tidak sakit, kecuali jika aliran darah melambat atau terganggu. Jika Anda mengalami gejala hemoroid yang parah, konsultasikan kepada dokter. Pemeriksaan pendarahan rektum harus dilakukan ketika terjadi. Ini bertujuan agar dokter bisa mengetahui kemungkinan kondisi yang lebih serius.

PENCEGAHAN

Disarankan sejumlah langkah pencegahan termasuk :
1. menghindari mengejan ketika buang air besar,
2.  menghindari konstipasi dan diare dengan mengonsumsi makanan serat tinggi dan meminum banyak cairan atau meminum suplemen serat, dan cukup berolahraga.

Disarankan juga untuk mengurangi waktu yang digunakan untuk mencoba buang air besar, menghindari membaca ketika di toilet, juga menurunkan berat badan bagi orang yang kelebihan berat badan dan menghindari mengangkat beban berat.

DERAJAT WASIR

Wasir dibagi dalam IV derajad keparahan :

   Grade I: Terjadi pembengkakkan yang masih didalam dubur sehingga tidak terlihat. Gejala yang paling menonjol adalah  perdarahan waktu buang air besar (darah segar dapat menetes ataupun mancur) dan tidak sakit

   Grade II: Wasir keluar tetapi masuk kembali secara spontan waktu selesai buang air besar .

   Grade III: Wasir tidak dapat masuk spontan dan harus dibantu dengan jari atau lama baru masuk.

   Grade IV: Meskipun wasir dapat masuk, tetapi mudah keluar kembali jika melakukan kegiatan fisik.

Pembagian derajat keparahan penting hanya untuk menentukan cara pengobatan apa yang terbaik . Sebenarnya pada wasir tidak ada kata parah atau terlambat. Pada wasir derajat IV pun jika penderita tidak merasa terganggu dan dapat hidup dengan keadaan seperti ini, maka tidak perlu dilakukan pengobatan.

Indikasi pengobatan tergantung apakah terasa mengganggu atau tidak. Misalnya jika setiap buang air besar berdarah, maka tentu perdarahan ini harus dihentikan. Atau jika wasir selalu keluar sehingga mengganggu aktivitas sehari hari .

Terapi
▪Pada derajat I: Pengobatan masih dapat dilakukan secara konservatif yaitu dengan minum obat, salep, suppositori. Disamping itu perubahan gaya hidup dan makan dengan banyak makan makanan berserat dan mengusahakan supaya buang air besar lancar dan faeces tidak keras.

▪Pada derajat II: Pengobatan yang dilakukan seperti pada derajat I biasanya sudah tidak berhasil. Disini dapat dilakukan tindakan penyuntikan, pengikatan dengan karet khusus (rubberband ligation), IRC (Infrared Coagulation) atau pemanasan, DGHAL (Doppler Guided Hemorrhoidal Artery Ligation) adalah pengikatan pembuluh darah wasir dibawah USG Doppler.

Pada dasarnya tujuan tindakan-tindakan diatas adalah untuk mengecilkan wasir itu dan umumnya dapat dilakukan pengobatan secara rawat jalan saja.

▪Pada wasir derajat III: jika tidak terlalu banyak atau terlalu besar masih dapat dilakukan tindakan seperti diatas. Tetapi jika wasir sudah menyeluruh atau besar, maka pengobatan yang terbaik adalah dengan jalan operasi.
Pada operasi wasir yang membengkak ini dipotong dan dijahit biasanya dalam anastesi spinal (pembiusan hanya sebatas pusar kebawah) sehingga pasien tidak merasa sakit, tapi tetap sadar.



➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
TANYA - JAWAB


T: Izin bertanya dokter. Sodara saya setelah melahirkan terkena ambeien. Akankah terulang lagi saat melahirkan selanjutnya? Adakah cara pencegahan supaya tidak kena ambeien saat melahirkan?
J: Ambeien memang seringkali terjadi pada wanita hamil karena pengaruh hormon dan tekanan dalam perut mengkat karena adanya janin. Hal ini bisa terulang lagi pada kehamilan berikutnya. Tapi biasanya hilangvsetelah melahirkan. Pencegahannya tidak ada. Hanya saja selama tidak hamil banyak diet serat agar bab tidak keras dan tidak mengedan agar tidak timbul terlalu parah saat tidak hamil. Sehingga saat hamil atau melahirkan kalaupun timbul tidak terlalu parah


T: Apakah disebut ambeien jika feses terkadang ada darah. Tapi tidak menetes. Biasanya saat feses sangat keras. Atau sudah lama tidak BAB. Terimakasih.
J: Iya betul bila darahnya merah berasal dari colon atau anus, biasanya dari ambeien internal. Apalagi bila diawali riwayat bab keras atau bab tidak teratur


T: Saya sedang hamil 16 minggu, sebelum hamil ada wasir (benjolan di anus), sudah kepuskesmas dapat obat yang di masukan ke anus tapi belum saja hilang jendolannya. Sebelum hamil wasir pun tidak ada keluhan, bahkan saat kehamilan wasir saya pun tidak ada keluhan, hanya benjolannya membuat saya kurang nyaman dengan suami (malu). Pertanyaan saya apa saya bisa melahirkan secara normal? Bagaimana cara menghilangkan wasir tersebut. Terima kasih.
J: Pada kehamilan wasir seringkali bertambah besar. Ngga usah malu sama suami mbak. Tidak keliatan terlalu besar kan? Coba dirutinkan oles obat ambeien seperti factu salep. Oles di ambeiennya atau di anus. Bisa melahirkan normal kok bun. Nanti setelah lahir akan mengecil sendiri. Cara menghilangkan tuntas agak sulit. Tapi bisa mencegah tambah membesar dengan hindari faktor pencetus (ada di materi).


T: Izin bertanya dokter. Apakah posisi duduk yang salah misalnya terlalu lama posisi jongkok (terkadang ibu-ibu sambil mencuci dalam posisi ini) nyang lama dan sering dapat jg memyebabkan penyakit ini juga?
J: Iya bu, posisi duduk tidak jongkok tetapi lama duduknya juga bisa menjadi pencetus ambeien. Posisi jongkok juga bisa mencetuskan karena saat jongkok tekanan di perut kita meningkat. Saat BAB baik posisi jongkok karena waktu untuk BAB menjadi lebih singkat. Tapi jangan terlalu lama jongkok. Coba pake dingklik, kursi kayu kecil saat mencuci


T: Apakah ada jenis makanan tertentu yang juga dapat memicu penyakit ini?
J: Makanan pedas bisa memicu ambeien. Juga makanan rendah serat seperti daging. Karena membuat feces keras dan lama disimpan di usus besar


T: Kalau sudah terindikasi hemeroid, adakah pantangan makanan yang harus dijauhi ?
J: Makanan pedas kurangi dan perbanyak makanan berserat


T: Saya izin bertanya dokter. Saya diumur 64 th ini, kok baru terasa sakit waktu buang air besar dan sering susah, padahal saya rajin makan pepaya dan minum air putih?!
J: Semakin tua usia maka gerakan usus kita semakin melambat juga. Sehingga proses pembuangan juga menjadi lambat dan karena feces lama di usus besar maka konsistensinya jadi lebih keras. Tetap perbanyak buah dan sayur juga perbanyak minum ya bunda. Bunda bisa bantu dengan konsumsi alinamin atau lacto B ya bun untuk memperlancar BAB.


T: Berdasarkan penjabaran materi d atas, bila ada lendir setelah BAB merupakan gejala wasir. Pertanyaannya, apa setelah BAB tidak selalu keluar lendir, kadang ada kadang tidak apakah itu gejala wasir juga dok? Terimakasih.
J: Lendir pada saat bab bisa timbul bisa tidak walaupun tidak menderita ambeien. Biasanya lendir bertambah bila konsistensi bab lebih keras. Bila terlalu sering bab keras dan disertai lendir itu jadi petunjuk timbulnya ambeien apalagi disertai rasa sakit seperti lecet.


T: Dokter, Banyak penderita hemoroid/ambeien menggenakan obat-obatan tradisional, bagaimana dengan penggunaan obat-obatan tradisional, apakah effektif dlm penyembuhan nya?
J: Boleh saja pake obat tradisional terutama pada wasir yg masih ringan. Tapi bila sudah grade 3 sampai 4 agak sulit sembuh. Kekurangannya obat tradisional kita tidak bisa memastikan dosis dan waktu pemberiannya. Karena belum ada uji laboratoriumnya. Efektifitasnyapun belum diuji.


T: Ijin bertanya Dokter, bila wasirnya sudah pada tahap ada rasa sakit dan bahkan sampai tidak bisa duduk, haruskah ditindak operasi atau masih bisa dilakukan pencegahan. Seperti di atas?
J: Masih bisa dicoba dengan obat obatan luar seperti suppositoria atau dimasukkan ke dubur. Atau juga dengan salep yg dioles pada wasirnya. Kalau dengan pengobatan lokal tidak ada perbaikan maka operasi menjadi alternatif utama.


T: Anne ijin tanya. Salah satu gejalanya gatal gatal di anus, nah berapa lama ya kira-kira, lalu kalau konsumsi obat yang dijual bebas, apa boleh, ataukah harus sesuai resep dokter? Jazakillah khair
J: Gatalnya bisa hilang timbul terutama bila disertai bab keras dan tidak setiap hari bab. Berbeda-beda setiap orang. Kadang timbulnya tidak didahului gatal. Boleh beli bebas kok mbak obat ambeien.


T:  Bertanya Dokter, jika pada usia muda sudah mengalami wasir dengan grade III ato IV dan tidak melakukan pengobatan sama sekali karena nyaman-nyaman saja, apakah akan membahayakan jiwa si penderita saat usia tua nanti?
J: Tidak membahayakan nyawa kok bun. Asal tidak ada perdarahan yang terus menerus tidak apa apa.


T: Dokter apa yang harus segera dilakukan jika terkena ambeien?
J: Yang harus dilakukan :
1. Rubah pola hidup menjadi pola hidup sehat (banyak malanan berserat, banyak minum air putih, olahraga teratur, jangan kelamaan nongkrong di toilet saat bab)
2. Obati ambeien bila sudah menonjol, sakit atau berdarah. Mulai dari obat lokal atau oles


T: Izin bertanya dokter. Ada kalanya selesai (maaf) BAB terasa gatal di dekat anus cenderung sering. Apakah ada indikasi wasir juga njih?
J: Bisa kemungkinan gejala ambeien, terutama ada rasa nyeri atau bab yang keras dan tidak teratur


T: Izin bertanya dokter. Maaf didekat anus sebelah kiri kadang terasa sakit kadang sampai maaf pantat sakit BAB tidak lancar kenapa ya? syukron
J: Ini salah satu gejala ambeien mbak. Coba banyakin makan serat, minum air putih dan olah raga ringan supaya jangan terlalu banyak duduk.


T Ijin bertanya bunda. Sebulan ini saya seperti sering kena panas dalam bibir kering, hidung bagian dalam selalu kotor dan sakit kalau dibersihkan, tapi saya makan buah dan sayur setiap hari. Apa penyebabnya? Mohon penjelasan. Afwan jika keluar dari tema.
J: Panas dalam seringkali gejala dari sakit maag. Jadi atur pola makan supata lebih teratur, kurangi pedas. Makan teratur tidak perlu porsi besar dan selalu ada nasi. Bisa saja nasinya hanya saat makan siang. Pagi lebih ke sayuran, buah, protein nabati atau hewani. Jangan telat makan, istirahat cukup dan manage stress.




•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage: Kajian On line-Hamba Allah
FB: Kajian On Line - Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!