Makanan Paradoks

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Saturday, October 20, 2018


Hasil gambar untuk Makanan Paradoks
Kajian Online HA Ummi G2, G3 & G4
Hari/ Tgl: Selasa, 11 September 2018 
Materi : Makanan Paradoks
Nara Sumber :  Bunda Rifa
Waktu Kajian :  08.00 - selesai
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖




Bismillah, pada pagi ini saya akan berbagi sedikit informasi mengenai “Makanan Paradoks”
Mungkin ada yang pernah dengar istilah ini?
Mungkin belum familiar ya di telinga kita, tapi sebenarnya artinya sama dengan arti paradoks itu sendiri.

Paradoks dalam makanan memiliki arti makanan/ minuman yang diduga memiliko efek positif terhadap kesehatan tubuh konsumennya yang menetralkan efek negatif makanan/minuman lainnya.

Beberapa studi tentang kaitan pola makan dan kebiasaan makan/diet dengan penyakit/kematian menemukan jenis makanan paradoks,  yaitu jenis makanan tertentu yg seolah berfungsi menetralkan efek negatif pola makan yang cenderung tidak sehat.

Ciri-ciri dari makanan paradoks yang cenderung menyehatkan ini antara lain dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan kebugaran tubuh,  menghambat munculnya penyakit degeneratif/tidak menular, meringankan berbagai penyakit terkait gizi, dan dapat memperpanjang umur. Contoh makanan paradoks yakni ikan, teh, minyak zaitun.

Sebenarnya contoh makanan paradoks tidak hanya itu,  namun ini sebagai contoh makanan yang sdh menjadi bukti manfaatnya.

Ikan dan teh
Masyarakat China dan Jepang mempunyai kebiasaan merokok yamg cukup tinggi. Dilaporkan senyawa racun yang terdapat dalam asap rokok sangat merusak lemak darah dan komponen lainnya.  Akibat jangka panjang bisa menimbulkan penyakit jantung,  stroke,  bahkan kematian.

Namun, paradoks yang terjadi adalah tingkat kematian penduduk akibat penyakit jantung di China dan Jepang ternyata lebih rendah daripada negara maju. Hal ini terjadi karena dalam pola diet mereka ada jenis makanan yang dapat menghambat inisiasi dan perkembangan penyakit jantung.
Hasil analisis ada dua jenis makanan yang diduga kuat menjadi penyebab yaitu pertama,  konsumsi ikan laut yang tinggi. Konsumsi ikan yang tinggi berpengaruh pada rendahnya kadar lemak jahat dan meningkatnya kadar lemak baik.

Kedua, kebiasan masyarakat China dan Jepang yang sangat suka mengonsumsi teh, terutama teh hijau. Dilaporkan, teh mengandung senyawa flavonoid seperti katekin, theaflavin, yang sangat kuat menghambay oksidasi dan modifikasi yang akan merusak lemak LDL. Flavonoid juga bersifat antioksidan yang melindungi sel dan meredam keganasan radikal bebas.

Minyak zaitun
Pola makan penduduk Albania ternyata ada dua. Penduduk bagian Utara berpola makan sama seperti negara maju lainnya,  dengan tingkat kematian penduduk akibat penyakit degeneratif yang lebih tinggi. Sementara di bagian barat,  berpola makan mediterian yang ternyata menyehatkan,  sehingga penduduknya rata-rata berumur panjang dan memiliki tingkat kematian rendah.

Pola makan mereka umumnya banyak serealia,  banyak sayuran,  buah,  sedikit daging,  susu.  Sementara makanan paradoksnya adalah minyak zaitun,  sebagai sumber lemak utama diet mediteranian.  Minyak zaitun sangat kaya akan lemak tidak jenuh yang memberikan efek netral terhadap tubuh.

Lalu bagaimana dengan Indonesia?

Jika dikaji perihal makanan paradoks,  Indonesia juga memiliki makanan tradisional yang kaya dan berpotensi sebagai makanan makanan paradoks seperti Gado-Gado,  Nasi Pecel,  Karedok,  Bubur Manado,  dan sejenisnya sebagai pola makan seimbang gizi yang menyehatkan.

Begitu pula dengan minuman,  seperti wedang jahe atau minuman aromatik khas Indonesia lainnya yang berpotensi sebagai makanan paradoks..

Sebagai penutup paparan kajian:
Banyak sekali cara untuk memulai hidup lebih sehat,  yakni melangkah pada kembali pada pola makan bergizi seimbang, yaitu mengonsumsi aneka ragam makanan, membatasi lemak, gula, garam, makan nasi secukupnya,  sedikit daging, banyak ikan laut, tempe,  tahu,  sayuran hijau dan berwarna,  buah segar, dan minum minuman yang kaya zat yang bermanfaat bagi kesehatan spt teh.

Wallahu alam.


==========
TANYA JAWAB


T: Izin nanya bunda, untuk makanan paradoks ini, cara masaknya hanya direbus aja atau boleh dimacam-macam? tolong salah satu contoh menu dalam sehari untuk pemakaian makanan paradoks ini? jazakillahu khoir bunda.
J: Makanan paradoks itu lebih simplenya makanan yang "sehat" baik dari sifat awal maupun cara pengolahannya.
Contoh sekali makan:Nasi, Ikan Palu Mara, Sayur tumis pare, Pepaya, Air putih
Contoh: Nasi, Rendang, Telur balado, Sambal goreng kentang, Air Putih

Makanan paradoks selayaknya konsumsi makanan harian dengan porsi normal. Porsi yang baik itu seperti piring makanku seperti ini contoh yang saya kirim. Untuk banyak ya sesuai penggunaan. Teh maksimal 2 gelas sehari dengan gula dibatasi, ikan sesuai porsi kebutuhan harian, minyak zaitun digunakan baik untuk menumis atau salad dressing, bukan untuk menggoreng.


T: Anne ijin tanya. Sejauh mana takaran makanan paradoks harus kita konsumsi? Misalnya minyak zaitun berapa sendok dan teh harus gelas, sayuran berapa mangkok. Terus kalau ikan, dikemas dalam bentuk beku kayak yang dijual di supermarket, tetap aman kah atau harus ikan segar?
J: Sayuran sekitar 1/2-1 mangkok per kali makan, pasti lebih bagus ikan segar. Tapi jika penyimpanan bekunya sesuai standar, ikan dalam kemasan tetap aman dikonsumsi. 


T: Lebih bagus mana ikan air laut atau air tawar? kenapa? boleh tidak kalau ikan air tawar?
J: Lebih bagus ikan laut terutama laut dalam karena kaya omega 3 seperti lemuru, tuna, tenggiri, dan hering. Tetap baik, karena daging ikan termasuk golongan daging putih yang lemaknya baik untuk tubuh.


T: Untuk minuman Teh hijau, baiknya tanpa gula atau boleh dgn gula tebu? Apakah akan mengurangi khasiatnya?
J: Tergantung tujuan penggunaan untuk apa. Jika untuk diet/recovery penyakit tetat baik tanpa gula, tapi jika penambahan gula yang sedikit saja (1/8 sdt) untuk kondisi normal tidak masalah. Lebih pada penambahan kalori saja.


T: Ijin bertanya. Kalau untuk zaitun kan agak mahal bunda, kalau diganti vco, samakah manfaatnya?
J: Secara ikatan dan jenis asam lemaknya berbeda. Zaitun termasuk dominan lemak tidak jenuh, sedangkan vco termasuk domina lemak jenuh rantai sedang. Untuk minyak sebenarnya sangat tergantung pengolahan. Karena semua minyak akan rusak jika dipanaskan sekalipun monyak zaitun.  Intinya hindari menggoreng berulang-ulang dan dengan suhu tinggi. Jika warna minyak sudah kehitaman harus segera diganti.


T: Apakah benar bila kita tidak boleh memakan makan laut dan darat bersamaan misal ikan laut dengan daging sapi?
J: Ada yang berpendapat demikian. Tapi secara ilmiah/penelitian empiris saya belum bisa menjelaskan. Tapi dalam ilmu gizi dalam sekali makan baiknya porsi lauk hewani 1/3 piring. Selama masih dalam porsi demikian tidak mengapa. Yang berbahaya jika ikan satu piring dan daging sapi piring. Itu berlebihan.


T: Bismillah. Izin tanya bunda. Ini mengenai salah dua bahan masak, yakni "Pecin n Pala". "Pecin/Micin", sering menemukan artikel yang baik/tidak apa-apa bila di konsumsi ada juga yang melarang penggunaanya sama sekali.  Yang benar yang mana bunda? "Pala", pernah dengar, bahwa biji ini bisa membuat orang mabuk. Mohon penjelasannya ya bunda. Jazakillahu khoir
J: Micin awalnya berasal dari ekstraksi ikan dan juga ada dari tebu. Jadi senyawa asalnya alami. Hanya karena kandungan sodiumnya dikhawatirkan penggunaanya berlebihan. Itu yang berbahaya. Kadang pemakai menggunakan micin tidak bertakar. Penggunaannya sehari maksimal 2 gr/hari. Pala salah satu rempah-rempah, pala memiliki efek antimikroba dan juga ada efek menidurkan/menenangkan pada dosis tertentu. Biasanya terdapat pada daging dan bagian yang kaya senyawa aromatik seperti bagian fullinya yang biasa dibuat manisan/sirup pala, bukan bagian bijinya.


T: ijin tanya ustadzah, makanan paradoks ada pengaruhnya tidak buat penderita asem urat? baiknya bagaimana?
J: Untuk makanan paradoks ini free semua pada kondisi normal, bagi penderita penyakit tertentu seperti asam urat ada pemilihan makanan tertentu yang dibatasi dan dianjurkan. Tidak bisa maen hajar hehe.


T: Afwan tanya lagi ustadzah, sebaiknya makanan apa yang baik dikonsumsi bagi penderita asam lambung? syukron jazakillah ustadzah atas jawabannya.
J: Penyakit lambung/maag/gastritis ada dua sebabnya apakah karena pola makan yang tidak teratur/psikis atau karena ketidakabnormalan kondisi lambung seperti luka dan lain-lain. Harus dipastikan dahulu. Tapi intinya hindari makanan yang pedas, terlalu berminyak/santan, asam, keras dan upayakan teraturkan frek makan.


T: Afwan bertanya OOT. Adakah rekomendasi referensi buku yang isinya tentang Pola Makan Rasulullah? Misalnya salah satunya tentang pemisahan saat memasak dan memakan olahan laut dengan darat, saat sakit Rasul tidak konsumsi buah-buahan. Ketika produk makanan  paradoks digabung saat peng konsumsiannya dengan produk olahan lain apakah bisa mengakibatkan fungsi paradoxnya hilang. Katanya teh itu tidak boleh dikonsumsi dengan gula atau dengan susu apa hanya boleh plain atau dengan madu? Atau mungkin bisa memberikan contoh lainnya.
J: Referensinya: Pola Makan Rasulullah yang pernah saya baca karya Prof.Dr Abdul Basith. Mengenai pemisahan jenis makanan hewani memang dijelaskan dalam buku tersebut, namun secara penelitian atau empiris saya belum bisa menjelaskan. Karena jika porsi tidak berlebihan, dalam ilmu gizi tidak bermasalah. Namun dari sisi metabolisme selama tubuh yang perlu penelitian lebih jauh. 
Pencampuran ini perlu mempertimbangkan zat yang ingin diambil manfaat. Penambahan gula bisa menambah nilai kalori pada segelas teh, penambahan susu kurang tepat karena keduanya memiliki zat anti gizi yang dapat mengikat zat gizi lain seperti katekin yang bisa mengikat zat besi pada susu.
VCO secara ikatan kimia dan jenis asam lemak berbeda dengan minyak zaitun. Jika tidak dipanaskan VCO sangat baik dikonsumsi.  Begitu pula sebaik minyak zaitun.


T: Bagaimana dengan VCO (virgin coconut oil). Apakah manfaatnya sama dengan minyak zaitun?
J: VCO secara ikatan kimia dan Jenis asam lemak berbeda dengan minyak zaitun. Jika tdk dipanaskan VCO sgt baik dikonsumsi.  Bgtu pula sebaik minyak zaitun.


T: Bunda, kalau untuk diet, apakah benar makan nasinya siang saja ya, terus sedikit pula. Diet yang baik yang seperti apa, secara menahan godaan lihat makanan susah bangat.
J: Bunda mau dietkah? Diet mediteranian itu yang paling cocok dengan ilmu gizi yang berprinsip tetap memenuhi gizi seimbang bunda. Makan sesuai jam makan, pagi (porsi paling besar),  siang,  dan malam (porsi terkecil). Hanya pilih jenis makanannya yang rendah kalori, jadi biar banyak porsinya tapi tidak bikin gemuk.


T: Diet mediterania itu menunya seperti apa bunda? Kalau diet keto saya tidak sanggup. Kayaknya masih lapar saja kalau belum masuk karbo.
J: Diet Mediterania itu dietnya orang Italia sama Yunani zaman dulu mba.  Mereka makannya milih-milij, banyak serealia (jagung, nasi, oat), kacang-kacangan, sayuran dan buah untuk per kali makan dengan sedikit sekali konsumsi daging sapi, ayam, kecuali ikan.


T: Izin bertanya mbak rifa, saat ini sedang marak diet keto, teman saya 3 orang ikut diet keto malah pada tumbang dan di rawat di RS, ada yang kena lambung dan malah yang satu kena serangan jantung, dokter menyarankan stop diet keto, malah saya baca beberapa artikel diet itu melemahkan sel-sel otot. Apa benar demikian, jujur saya lihat 3 teman saya tepar gara-gara keto saya langsung tidak minat, sekarang yang saya jalankan puasa daud saja, in shaa allah aman dan berpahala. Mohon penjelasannnya.
J: Innalillah. Benar mba, diet keto itu sebenarnya kan dulu untuk penyakit epilepsi, tapi karena dilihat bisa menurunkan BB jadinya diklaim sebagai diet. Padahal kalau dilihat dari ilmu gizi, kami tidak sepakat. Karena tidak sesuai dengan gizi seimbang. Sekarang bahkan sudah ada hasil penelitian yang menggabungkan data 25 tahun terakhir bahwa konsumsi tiggi lemak dan rendah karbo dalam jangka panjang menurunkan angka harapan hidup.
Rekomendasi lain bisa dengan diet intermittent fasting.


T: Bagaimana dengan pepaya, ada yang bilang pepaya lebih baik dikonsumsi dalam kondisi masih mengkal? Itu benar tidak?
J: Iya saya pernah dengar informasi demikian. Untuk sayur buah yang kaya vitamin ada kondisi tertentu kandungan retensi vitaminnya paling baik, seperti wortel baik bila dikonsumsi dengan dikukus sebentar.


T: Tanya ya bunda. Kalau air basa atau orang bilang air putih yang dicampur baking soda itu baik untuk tubuh. Apakah benar?
J: Kondisi basa yang dominan memang baik untuk tubuh. Karena kondisi asam identik dengan rentan dengan penyakit. Beberapa penelitian menyebutkan ada efek baik konsumsi formula tersebut untuk kesehatan, namun dosisnya saya belum tahu berapa mbak.


T: Kalau diet keto buat anak autis apa cocok mbak? Karena ada teman saya yang anaknya harus di kurangi asupan karbo dalam tubuh.
J: Terapi diet utk autism itu menghindari gluten (tepung terigu) dan kasein (susu sapi dan susu kambing). Setahu saya dikurangi dalam jumlah besar untuk menghindari alergi (pestisida).


T: Afwan ustadzah kalau yang lain kepengen ngurusin badan, saya sebaliknya walaupun makan banyak tetap saja tidak gemuk-gemuk, apakah ada formula biar BBnya bisa naik ustadzah?
J: Tidak mudah gemuk disebabkan karena beberapa hal bunda, kurang makan, asupan makanan lebih sedikit dari aktivitas (keluaran energi), faktor genetik dari keluarga, dan adanya kondisi keabnormalan fungsi organ tubuh (kelainan usus yang menyebabkan ketidakefisiensian penyerapan zat gizi). Bisa dikira-kira bunda penyebabnya kira-kira apa ya? Kalau dari perhitungan gizi aktivitas dan stress juga berpengaruh bunda, bisa saja harusnya memang butuh makan yang lebih banyak.


T: Jadi kira-kira jika menyangkut makanan paradoc itu tadi. Untuk kasus kegemukan dan kekurusan, semua kembali lagi pada pola makan yang seimbang ya bunda Rifa? Selain makanan mungkin dengan olah raga teratur, tidur teratur juga mempengaruhi sistem percernaan kita.
J: Iya bunda, ujung-ujungnya sih pintar-pintar milih makanan yang lebih banyak mashlahat daripada mudharat. Misal kita mau masak ya bun, pasti bisa milih nih mau masak apa. Kalau sudah ikan goreng bagusnya sayurnya dibening saja. Atau kalau sayurnya sudah ditumis baiknya lauknya di sup atau dikuah aja. Yang penting tiap makan komposisinya lengkap (untuk normal), kalau mau diet yang pasti porsi-porsi serat tingginya yang ditambah untuk mengganti porsi makanan yang tinggi kalori (nasi atau lauk hewani).
Misal juga untuk minum. Air yang bagus untuk setelah makan adalah air putih atau air jeruk. Jadi abis makan bakaran (yang banyak kandugan karsinogenik/penyebab kanker) minum air jeruk bisa jadi efek mentralkan.





•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage: Kajian On line-Hamba Allah
FB: Kajian On Line - Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!