Home » , » Pertolongan Pertama Pada Anak (Demam)

Pertolongan Pertama Pada Anak (Demam)

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, October 16, 2018


Hasil gambar untuk penanganan demam pada anak
Rekapitulasi Kajian Hamba Allah Ummahat G5
Hari/Tgl: Senin, 3 September 2018
Materi: Pertolongan Pertama Pada Anak
Narasumber: dr. Barry
Admin G-5: Saydah, Nining
Notulens: Saydah
--------------------------------------





PENANGANAN DEMAM PADA ANAK


Demam pada anak merupakan alasan konsultasi tersering  ke dokter anak dan dokter umum, sekitar 30% dari seluruh total kunjungan. Demam merupakan reaksi normal tubuh yang bermanfaat melawan kuman. Walaupun banyak orangtua memberikan obat penurun panas, perlu ditekankan bahwa tujuan utama obat tersebut adalah membuat anak merasa nyaman, bukan mempertahankan suhu yang normal.
Saat anak mengalami demam, orang tua harus memperhatikan aktivitas anaknya secara umum, apakah masih bisa bermain, makan dan minum dengan baik, dan perhatikan buang air kecil anaknya setiap 3-4 jam. Jika anak lebih sering tidur, malas minum dan buang air kecil semakin jarang, segera bawa anak ke dokter. Pada anak sedang tertidur lelap, sebaiknya orangtua tidak membangunkan untuk memberi obat penurun panas.
Obat penurun panas harus disimpan di tempat yang aman dan tidak terjangkau oleh anak-anak. Pemberian obat penurun panas harus diberikan berdasarkan berat badan anak dan diperlukan sendok obat yang khusus, yang bisa didapatkan dari apotek saat membeli obat tersebut.
Penurunan suhu tubuh dapat dibantu dengan penggunaan obat penurun panas (antipiretik), terapi fisik (nonfarmakologi) seperti istirahat baring, kompres hangat, dan banyak minum. Penggunaan obat tradisional dengan produk herbal atau homeopatik belum terbukti secara ilmiah dapat menurunkan demam, tapi hanya berdasarkan pengalaman semata sehingga perlu dikaji lebih lanjut.

Keluhan-Anak

 Obat Penurun Panas (Antipiretik)
Penggunaan obat penurun panas bertujuan untuk menurunkan suhu tubuh dan membuat anak merasa lebih nyaman, namun tidak efektif untuk mencegah kejang demam. Parasetamol merupakan pilihan lini pertama untuk menurunkan demam dan menghilangkan nyeri.

Indikasi pemberian obat penurun panas:

Indikasi  utama pemberian obat penurun panas adalah membuat anak merasa nyaman dan mengurangi kecemasan  orangtua, bukan menurunkan suhu tubuh. Pemberian obat penurun panas diindikasikan untuk anak demam dengan suhu 38C (pengukuran dari lipat ketiak). Dengan menurunkan suhu tubuh maka aktivitas dan kesiagaan anak membaik, dan perbaikan suasana hati (mood) dan nafsu makan juga semakin membaik.

Pengobatan Secara Fisik

Tirah baring:
Aktifitas fisik yang tinggi dapat meningkatkan suhu tubuh anak dengan demam dan tanpa demam. Walaupun demikian, pergerakan anak yang demam selama aktivitas normal tidak cukup menyebabkan demam. Memaksakan anak demam untuk tirah baring tidak efektif, tidak disenangi dan mengganggu secara psikologis. Suatu penelitian kontrol-kasus dari 1082 anak dengan demam, ditemukan bahwa tirah baring tidak menurunkan suhu secara signifikan.

Kompres alkohol:
Kompres dengan menggunakan etil alkohol 70% / isopropil alkohol dalam air tidak efektif menurunkan suhu, dan lebih superior dengan mengompres dengan air.

Kompres air hangat (tepid)
Tepid merupakan suatu kompres/sponging dengan air hangat. Penggunaan kompres air diseluruh badan dari kepala sampai kaki selama 10-15 menit akan membantu menurunkan panas dengan cara panas keluar lewat pori-pori kulit melalui proses penguapan. Jika dokter dan orang tua merasa kompres diperlukan (misalnya suhu tubuh meningkat lebih dari 40 derajat Celsius, yang tidak respon obat penurun panas, maka penting untuk memberikan obat penurun panas terlebih dahulu untuk menurunkan pusat pengatur suhu di susunan saraf otak bagian hipotalamus, kemudian dilanjutkan kompres air hangat.

Kompres dingin:
Kompres dingin tidak direkomendasikan untuk mengatasi demam karena dapat meningkatkan pusat pengatur suhu (set point) hipotalamus, mengakibatkan badan menggigil sehingga terjadi kenaikan suhu tubuh. Kompres dingin mengakibatkan pembuluh darah mengecil (vasokonstriksi), yang meningkatkan suhu tubuh. Selain itu, kompres dingin mengakibatkan anak merasa tidak nyaman.

Pengobatan Herbal
Homeopati, terapi herbal, aromaterapi, akupuntur, refleksiologi, pijat, shiatsu, kiropraktik, osteopati dan penyembuhan spiritual belum terbukti secara ilmiah dapat menurunkan demam.

Kesimpulan
Tujuan utama pemberian obat penurun panas antipiretik adalah untuk membuat anak menjadi nyaman, dan juga berfungsi sebagai anti nyeri sehingga dapat mengurangi rasa nyeri. .

Sumber: Ikatan Dokter Anak Indonesia

--------------------------------------

TANYA JAWAB


T: Assalamualaikum. Mohon Izin bertanya  dok. Bagaimana menangani anak yang panas lalu kejang? Adakah langkah-langkah penanganan pertama sambil diperjalanan ke dokter. Rata-rata ibu-ibu panik dengan keadaan tersebut?
J: Jika anak timbul kejang, cara terbaik adalah segera memberikan obat anti kejang yg biasanya via dubur/bokong. Jika tidak ada dirumah, silahkan bawa ke klinik terdekat untuk mendapat pertolongan. Pada anak kejang, jangan memberikan apapun seperti kopi, sendok, dll. Karena justru berbahaya untuk anak


T: Mau tanya dokter. Saat Kompres anak dengan air hangat  dari kepala sampai kaki selama 10 -15 menit, apakah Kompres bisa kita ganti dengan dimandikan dengan air hangat?
J: Betul, boleh mandi, tapi dengan air hangat dan jangan lama-lama


T: Ada juga yang menganjurkan perasan Air jeruk nipis dengan minyak sayur, kemudian dioleskan ke tubuh anak, apakah secara medis dibenarkan Bu dokter, secara Saya pernah praktekkan berhasil menurunkan panas anak?
J: Secara medis, kurang tepat


T: Mau tanya juga kenapa anak sulit makan usia sudah 8 tahun, kadang banyak kadang sedikit dari kecil begitu, sulit banget makannya, kata dokter tidak apa-apa, bagaimana menurut dokter ?
J: Pertanyaannya adalah susah makan atau pilih-pilih makan? Jika pilih-pilih makan maka cara terbaik adalah dengan berlatih secara  bertahap.


T: Assalamu'alaikum. Mohon izin bertanya dok. Beberapa tahun yang lalu anak saya opname di salah satu rumah sakit. Waktu itu anak saya demam tinggi hingga mencapai 39,2°c. Waktu saya kompres dengan air hangat, ada salah seorang perawat yang menegur saya karena air hangat tidak efektif dalam menurunkan panas, perawat tersebut menyarankan untuk memakai air dingin (air kran bukan air es). Setelah itu saya kompres pake air biasa. Kalau menurut penjelasan dokter air hangat lebih efektif. Pertanyaan saya air hangat yang suam kuku atau air hangat yang mendekati suhu normal dok yang efektif untuk mengompres?
J: Yang hangat, suam-suam kuku


T: Assalamu'alaykum ijin bertanya dokter, saat anak demam hingga 40 drjt C, kemudian dokter memberikan obat melalui anus. Apakah obat tersebut terjual bebas atau hanya diberikan saat darurat saja? Apakah pemberian antibiotik pada bayi/balita disarankan? atau ada batas usia anak dalam pemberian antibiotik? jazakallahu khoyran
J: Obatnya tidak dijual secara bebas, harus dengan resep dokter, untuk antibiotik, bisa saja siberikan untuk anak, asal sesuai indikasi


T: Mau tanya lagi. Dok, bagaimana dengan status kehalalan imunisasi MR?
J: Dari MUI sudah jelas status hukumnya mubah.


T: Afwan ijin bertanya dok, untuk obat penurun panas yang sudah di buka sebaiknya di simpan di kulkas atau di suhu ruang dok? dan sampai berapa lama obat tersebut masih layak konsumsi? Afwan
J: Boleh disimpan di dalam kulkas, tapi bukan di freezer, dan boleh juga di lemari obat yang tidak terkena sinar matahari langsung. Lama simpan kalau sudah dibuka sekitar 2 bulan.


T: Bertanya dok, setiap anak saya panas dan berobat pasti dikasih anti biotic, apakah wajib anti biotik itu?
J: Tidak wajib, mungkin memang diperlukan menurut dokter yang memeriksa


T: Assalamualaikum dok, afwan ijin bertanya, apakah vitamin racikan dari dokter untuk menambah nafsu makan untuk anak itu aman? apakah ada efek sampingnya untuk kedepannya ?
J: Aman, tapi tidak menyelesaikan masalah


T: afwan dok, jadi maksudnya akan ketergantungan kah?
J: Maksudnya, masalah sudah makan tidak bisa hanya diselesaikan hanya dengan obat saja. Harus dicariakan masalahnya



•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage: Kajian On line-Hamba Allah
FB: Kajian On Line - Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official


Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!