Home » , » Selulit

Selulit

Posted by Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT on Tuesday, November 6, 2018


Hasil gambar untuk selulit
Rekap Kajian Online HA Ummi G6
Hari/Tgl: Selasa, 2 Oktober 2018
Materi: Selulit
Narasumber: dr Lilis
Waktu Kajian: 19.00 wib - selesai
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖





Anda mungkin sudah pernah melihat penampakan selulit, atau bahkan memilikinya di paha, bokong, atau lengan. Tapi apakah Anda benar-benar tahu apa itu selulit?

Banyak orang menyangka bahwa selulit adalah timbunan lemak. Ada juga yang bilang bahwa selulit terdiri dari racun dan kelebihan air yang terperangkap di bawah kulit. Namun, yang benar, selulit adalah suatu kondisi yang memengaruhi penampilan kulit di area dengan timbunan lemak (paling jelas di bokong dan paha), yang membuat kulit tampak berlesung dan bergelombang.

Penyebab selulit bukanlah lemak. Lemak sebenarnya tidak bertanggung jawab terhadap tampilan selulit yang kental bergelombang.

Jadi, apa yang mempengaruhi timbulnya selulit:

Struktur kulit di atasnya dan struktur jaringan ikat di bawahnyalah yang menentukan apakah area tersebut memiliki penampilan yang halus, atau bergelombang alias selulit.

Penampakan selulit dipengaruhi oleh faktor-faktor berikut:

Genetik atau keturunan
Pola makan yang buruk
Diet yang salah
Metabolisme yang lambat
Kurangnya aktivitas fisik

1.  Perubahan hormon
2.  Dehidrasi
3.  Lemak dalam tubuh
4.  Ketebalan dan warna kulit

Kenapa hampir semua wanita punya selulit sedangkan pria justru jarang?

Di bawah kulit, terletak lapisan jaringan ikat fibrosa yang berfungsi untuk melekatkan kulit pada otot di bawahnya. Pada kebanyakan pria, jaringan ikat ini diatur secara menyilang atau diagonal, dalam pola yang halus dan bersinambungan.

Jaringan ikat wanita adalah cerita yang lain lagi; jaringan ini diatur secara vertikal (tegak lurus terhadap kulit). Oleh karena itu, sabuk-sabuk serat (yang disebut septa) menambatkan kulit ke jaringan di bawahnya pada titik-titik tertentu, yang pada akhirnya menciptakan “ruang lemak” terpisah untuk mendesak kulit sementara sabuk serat menarik kulit ke bawah.

Perbedaan pada pengaturan jaringan ikat ini (ditambah dengan fakta bahwa pria biasanya memiliki kulit yang lebih tebal daripada wanita) menjelaskan mengapa jauh lebih sedikit pria yang memiliki selulit daripada wanita.
Semakin tua usia, semakin memburuk selulit kita. Ketika kita muda, jaringan ikat kita kenyal dan elastis, meregang, dan menyesuaikan dengan kulit sehingga semuanya tetap halus. Kemudian terjadilah pubertas, dan hormon mengacaukan jaringan ikat, membuatnya lebih kaku dan kurang elastis. Pada saat yang sama, sel-sel lemak kita cenderung untuk membentang di area tertentu, mendesak keluar pada kulit.

Seiring dengan bertambahnya usia, lapisan luar kulit melemah, menipis, dan kehilangan elastisitasnya. Gravitasi berpengaruh secara negatif, dan kulit mulai kendur. Oleh karena septa jaringan ikat tetap utuh dan sering kali menyusut dan menegang lebih lanjut seiring waktu, penampilan selulit terus memburuk seiring bertambahnya usia.

Faktor lain yang memperparah dalam perkembangan selulit adalah berat badan yang naik turun. Siklus peningkatan dan penurunan berat badan yang berulang akan merusak elastisitas kulit lebih lanjut, membuat selulit lebih jelas terlihat.

Cara menghilangkan dan menyamarkan penampakan selulit

Menghilangkan selulit merupakan hal yang tak mudah untuk dilakukan.
Ada cara yang bisa membuatnya kurang terlihat

1. Olahraga
Olahraga adalah salah satu perawatan selulit terbaik. Olahraga tidak membuat selulit menghilang, tetapi memiliki otot yang kuat di bawah area yang berselulit dapat membuat kulit Anda terlihat lebih rata. Cobalah lakukan tiga rangkaian ini: diet sehat, olahraga singkat, dan pembentukan otot.

2. Makan makanan mentah
Makanlah serat lebih banyak seperti gandum, buah, dan sayuran, dibandingkan makanan berkalori “kosong”. Karbohidrat sederhana atau olahan yang ditemukan dalam banyak roti, permen, dan minuman ringan dapat menambah kalori. Hal ini menyebabkan lemak, terutama di daerah yang rawan selulit.

3. Menurunkan berat badan
Kurus atau gemuk, Anda dapat memiliki selulit, tapi berat badan berlebih dapat membuatnya lebih terlihat. Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat membantu. Sebaiknya turunkan berat badan secara perlahan. Diet yang menurunkan berat tubuh secara drastis dapat membuat selulit tampak lebih buruk. Jika Anda kehilangan banyak berat badan, Anda mungkin melihat dapat selulit di daerah kulit Anda yang kendur.

4. Berhenti merokok
Merokok mempengaruhi suplai darah ke kulit Anda, sehingga membuatnya lebih tipis dan mungkin kendur. Hal ini membuat selulit di lengan, paha, dan bokong lebih terlihat.

5. Pijatan
Luangkan beberapa menit setiap hari untuk memijat bagian yang berselulit. Lakukan saat di kamar mandi atau ketika Anda mengoleskan losion. Pijatan meningkatkan aliran darah dan menghilangkan kelebihan cairan, yang dapat membuat selulit terlihat lebih samar untuk sementara waktu.

6. Uji coba produk
Krim dengan ekstrak tanaman mungkin bisa membuat kulit Anda terlihat lebih baik untuk sementara waktu. Misalnya, produk dengan kafein, dapat membantu mengencangkan kulit dengan cepat untuk sementara. Tapi akankah produk lainnya juga bekerja dengan baik? Lakukan uji coba sendiri. Dan sebelum Anda menghabiskan uang dengan produk baru, cobalah sedikit dulu sehingga Anda tahu bagaimana kulit Anda bereaksi terhadap produk tersebut.

7. Tambahkan krim retinol sebagai rutinitas Anda
Saat Anda mencari krim yang tepat untuk membantai selulit, carilah yang mengandung “retinol”. Retinol tidak menyembuhkan selulit, tetapi dapat memperbaiki tampilan dan tekstur kulit Anda. Anda perlu menggunakannya setidaknya selama 6 bulan, dan produk dengan 0,3% retinol adalah yang terbaik. Retinol akan memperkuat lapisan luar kulit Anda untuk membantu menutupi daerah bergelombang di bawahnya.

8. Gelapkan kulit
Jika Anda memiliki kulit yang sangat putih, menggelapkan warna kulit dapat membantu menyamarkan selulit. Selulit tak akan terlalu terlihat pada kulit yang lebih gelap. Mulailah dengan body scrub yang lembut, lalu oleskan lotion self-tanning ke daerah selulit saja. Kemudian semprotkan seluruh tubuh Anda dengan semprotan pewarna. Jangan tanning dengan berjemur. Hal ini akan merusak kulit Anda dan membuat selulit tampak lebih buruk.

9. Kenakan support stocking
Support stocking modern tidak terlihat tebal dan longgar seperti yang nenek Anda kenakan dulu. Jika Anda sering memakainya, selulit Anda akan terlihat lebih halus. Yang menjadi masalah adalah, biasanya dibutuhkan satu hingga dua tahun! Stocking kompresi dapat membantu mencegah selulit menyimpan cairan. Dokter atau apoteker dapat membantu Anda memilih jenis yang tepat.

10. Memanjakan diri dengan spa wrap
Anda bisa menggunakan spa wrap untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit Anda. Efeknya berlangsung sekitar satu hari, dan biayanya bervariasi. Sebuah pembentuk tubuh atau perban Ace akan melilit zona selulit Anda dan mungkin dapat memberikan hasil spa yang tidak memakan banyak biaya.

11. Lipomassage
Lipomassage adalah prosedur menggunakan perangkat untuk mengumpulkan kulit Anda dan melakukan pijatan. Pengobatan mahal ini telah disetujui oleh FDA dan membutuhkan beberapa kali perawatan untuk mendapatkan hasil. Namun, manfaatnya cenderung tak bertahan lama kecuali Anda melakukannya berulang-ulang.

12. Laser dan radio frequency
Laser atau frekuensi radio (RF) dapat menghangatkan kulit Anda dari luar, membuat permukaan yang berselulit tampak lebih halus, biasanya selama 6 bulan atau lebih. Tidak terlalu menyakitkan, tetapi bisa sangat mahal, dan Anda mungkin perlu beberapa kali kunjungan.

13. Operasi cellulaze
Operasi ini menangani selulit langsung pada sumbernya. Sebuah laser masuk di bawah kulit untuk mengecilkan sel-sel lemak, memotong bagian keras yang menyebabkan gumpalan selulit, dan merangsang kulit tebal. FDA menyetujui Cellulaze pada tahun 2012 berdasarkan sebuah penelitian kecil yang berlangsung selama 3 bulan. Hasilnya dapat bertahan satu tahun atau lebih, tetapi efek jangka panjang dari Cellulaze tidak diketahui. Pastikan Anda menemui dokter bedah plastik bersertifikat untuk prosedur ini.

Cellulaze mungkin tidak bekerja dengan baik jika Anda memiliki berat badan berlebih atau selulit parah.



➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
TANYA - JAWAB


T: Assalamualaikum dokter. Mohon izin bertanya, selulit pada anak laki-laki gimana cara menghilangkannya?
J: Prinsipnya antara laki laki dan perempuan sama mbak.
Pada laki-laki karena struktur kulitnya lebih kencang lebih mudah hilang. Kurangi BB bila overweight, olah raga pengencangan otot terutama otot perut bokong dan paha.


T: Boleh minta fotonya bunda, soalnya saya masih belum kebayang selulit kayak gimana?
J: https://goo.gl/images/QCmnpc
Ini tampak luar selulit mbak.


T: Assalamualaikum bun dokter ijin bertanya ya. Apakah penggunaan krim retinol aman untuk pemakaian lebih dari 6 bulan atau jangka panjang?
J: Aman mbak untuk jangka panjang.


T: Apa rekomendasi merek krim retinol aman dan terjangkau harganya yang bisa bun dokter anjurkan? Terima kasih jawabannya.
J: Sediaan di apotiknya namanya vitacid cream.


T: Assalamualaikum dokter. Pada saat hamil besar, di perut saya terlihat ada seperti loreng-loreng gitu, warna agak keunguan. Setelah melahirkan bekas loreng tadi menjadi seperti garis-garis yang mulai menipis seiring waktu, apakah ini selulit dok? Bagaimana cara menyamarkannya? Terimakasih.
J: Ini namanya stretch mark mbak. Akibat kulit yang melebar karena perut membesar tapi kulit kurang zat kolagen sehingga kondisi kulit jadi kaku dan kering. Cara menyamarkannya dengan salep atau krem retinol juga.


T: Assalamu'alaykum dokter izin bertanya. Kira-kira pada usia berapa selulit ini bisa terjadi dan bagaimana cara pencegahannya dok. Atau bisakah kita mencegah terjadinya selulit ini? Terima kasih.
J: Selulit biasanya timbul pada usia remaja. Pencegahannya dengan menjaga BB tetap normal, diet seimbang, olah raga teratur, istirahat cukup. Bila menjaga hal tersebut tetap bisa timbul bila ada faktor genetik. Tapi bisa dikurangi tingkat keparahannya.


T: Ijin bertanya lagi bun dokter. Jenis makanan seperti apa saja yang dikategorikan makanan berkalori "kosong"?
J: Kalori kosong adalah makanan yang tidak memiliki kandungan gizi. Bonsall menjelaskan bahwa makanan yang disebut dengan makanan berkalori kosong adalah makanan yang tidak mempunyai kandungan gizi tambahan, baik zat gizi makro maupun vitamin dan mineral.
Kalori kosong kita peroleh dari konsumsi makanan manis seperti gula atau minuman bersoda. Selain itu, makanan yang hanya mampu membuat kita merasa kenyang, seperti camilan keripik, juga merupakan makanan berkalori kosong.
Berbeda dengan arti namanya, makanan berkalori kosong ini justru menyebabkan berat badan tubuh jadi semakin meningkat. Sehingga risiko obesitas justru semakin meningkat.


T: Jika ada laki-laki memiliki selulit, kemungkinannya karena apa ya, bun dokter? Karena di materi dijelaskan bahwa wanitalah yang memiliki kecenderungan tekstur kulit yang menimbulkan selulit. Terima kasih.
J: Biasanya karena faktor obesitas atau genetik.


T: Dokter, izin bertanya. Pada orang yang berlebih berat badan karena kehamilan atau bertambahnya usia. Apakah selulit dapat di hilangkan hanya dengan cara diet saja tanpa penggunaan obat.
J: Bila belum banyak masih bisa dengan diet dan olah raga mbak.


T: Mohon izin tanya. Apa selulit dan stretch mark itu sama?
J: Berbeda mbak. Stretch mark seperti kulit yang pecah akibat kurangnya kolagen di bawah kulit kita. Kalau selulit bentuknya seperti benjolan-benjolan lemak. Tapi terapi dan pencegahannya sama.


T: Mohon izin bertanya kalau garis-garis coklat di sekitar payudara apa itu selulit juga dok ?
J: Ini lebih mirip dengan stretch mark mbak.


T: Dok, untuk beli ini (vitacid cream-adm) apa harus ada resep dari dokter?
Karena termasuk obat "merah"?
J: Sebaiknya memang dalam pengawasan dokter karena perlu observasi hasil terapi.


T: Apakah ada bahan alami yang dapat membantu menyamarkan atau menghilangkan selulit. Jika ada, berapa lama jangka waktu yang dibutuhkan untuk pemakaiannya.
J: Retinoic atau asam retinol sebenarnya derivat dari vitamin A jadi tidak terlalu berbahaya. Dan juga mengandung antioksidan untuk anti aging. Pemakaiannya berbeda tiap orang tergantung derajat beratnya selulit yang timbul. Bisa dibantu lebih cepat dengan olah raga pengencangan perut, paha dan bokong jadi struktur kulitnya ikut diperkuat.


T: Mohon maaf, dok kalau flek di muka akibat kb bisa dihilangkan dengan treatment apa ya? Ini muka aku fleknya tebel terus hanya di hidung dan di bawah mata.
J: Macem macem ini penanganannya, sebagian dokter kulit memakai salep hidrokuinon, tetapi kalau lama dipakai kulit menjadi tipis. Yang sekarang banyak dilakukan adalah terapi laser atau prp. Laser dengan sinar di sorotkan ke wajah yang ada fleknya. Prp dengan disuntikkan serum darah kita sendiri. Ada juga terapi meso yaitu disuntikkan obat tertentu pada daerah flek.


T: Baik dok terima kasih banyak, tapi efek lasernya seperti apa ya dok, apakah seperti pasca peeling, dokter?
J: Pasca laser seperti terbakar mbak. Biasanya dikasih salep khusus untuk 3 hari pasca laser.


T: Bun dokter, arbutin itu apa ya dan amankah penggunaannya dalam jangka panjang?
J: Arbutin itu serum untuk mencerahkan kulit mbak. Bisa dipakai jangka panjang. Arbutin masih jarang dipakai di dokter kecantikan ya mbak. Pemakaiannya seperti hidrokuinon harus di bawah pengawasan dokter.


T: Assalamu'alaikum Dokter, bukannya hidrokuinon itu tidak boleh dipakai?
J: Hidrokuinon harus di bawah pengawasan dokter. Tidak boleh dipakai jangka panjang karena menipiskan kulit wajah. Biasanya dipakai di awal dosis penuh tapi pelan-pelan diturunkan dosisnya sampai nol sama sekali.


T: Berarti untuk kosmetik yang dijual ada hidrokuinonnya sebaiknya dihindari walau jangka pendek sekali pun ya dok?
J: Betul mbak, harus di bawah pengawasan dokter.

T: Dokter izin tanya. Ceker ayam itu mengandung kolagen tinggi apa betul? Kalau serum yang mengandung kolagen itu sebenarnya berfungsi enggak sih ke muka untuk awet muda? Atau lebih baik mengkonsumsi makanan aja yang mengandung kolagen?
J: Betul mbak, protein dan ceker ayam tinggi kolagen. Serum yang mengandung kolagen bisa menjadi anti aging, tapi bila sudah ada tanda penuaan dini agak sulit juga menghilangkannya.


T: Usia berapa perawatan anti aging dimulai dok?
J: Sebetulnya anti aging bisa dimulai dari usia muda. Tidur cukup, gizi seimbang, tidak merokok merupakan upaya dini untuk mencegah penuaan dini. Tapi perawatan khusus bisa dimulai saat usia 40 tahunan.





•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•°•

Kita tutup dengan membacakan hamdalah..
Alhamdulillahirabbil'aalamiin

Doa Kafaratul Majelis:

 سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك

Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh


================
Website: www.hambaAllah.net
FanPage: Kajian On line-Hamba Allah
FB: Kajian On Line - Hamba Allah
Twitter: @kajianonline_HA
IG: @hambaAllah_official










Thanks for reading & sharing Kajian On Line Hamba اللَّهِ SWT

Previous
« Prev Post

0 komentar:

Post a Comment

Ketik Materi yang anda cari !!