Tujuan utama dari pelaksanaan Grup ini, semata-mata hanya untuk mencari Ridho اللّهُ SWT. Terus semangat belajar dan berbagi ilmu sampai ke liang lahat demi menjadi Hamba Allah SWT yang Kaffah

Tafsir

Kajian Online WA Hamba  اللَّهِ SWT

Rabu, 18 Juni 2014
Narasumber : Ust. Nofri Perwisa
Rekapan Grup HA 3 & 4 (Attien, Nunie & Tuwuh)

السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
الحمد لله و كفى و الصلاة و السلام على محمد النبي المصطفى و على اله و صحبه و من اتبع الهدى و بعد

Kayfa halukun para mujahidah semua? Semoga nikmat, rahmat, taufiq dan hidayah-NYA selalu menyertai kita semua, amien..

~Tafsir QS Al Fatihah 1:2 الحمد لله رب العالمين

Kalimat alhamdulillah termasuk kalimat yang paling sering diucapkan oleh seorang muslim, dlam sholat saja minimal 17 kali dibaca sehari semalam, itu yg fardhu saja, jadi dalam setahun saja 17x365= 6205x.. yg sudah sholat rutin selama 10 tahun berarti minimal sdh membaca alhamdulillah sebanyak 62.050x,  ini belum termasuk dzikir alhamdulillah setelah sholat maupun bacaan alhamdulillah dlm sholat-sholat sunnah yg kita lakukan..

Oleh karena itu akan sangat rugi sekali jika bacaan yang sudah ratusan ribu bahkan jutaan kali kita ucapkan ini tidak kita dalami dan fahami maknanya dengan baik.
Alhamdulillah berarti pujian sedangkan lillah berarti milik Allah, jadi segala pujian hanyalah milik Allah swt, hal ini karena tidak satupun nikmat yang telah dan sedang kita nikmati saat ini kecuali ia berasal dari Allah, maka tak ada yg layak dipuji selain Dia.

- Robb berarti pemilik, pengelola, pendidik,pemelihara, pengatur, dan sering juga diartikan sebagai TUHAN,..
- Al 'alamiin merupakan jama' dari kata 'alam, yang berarti seluruh alam, baik itu alam manusia,tumbuhan, binatang, planet-planet, jin, dan lain-lain.
- Jadi kalimat الحمد لله رب العالمين berarti segala puji hanyalah milik Allah swt Tuhan seluruh alam. Hal ini pulalah yang membuat banyak para ilmuwan yang mendalami dan mempelajari tentang tentang alam,baik alam  tumbuh-tumbuhan, binatang, proses kelahiran manusia, perjalanan planet dan bintang-bintang, menemukan TUHAN...
- Segala puji hanyalah milik Allah swt, oleh karena itu tak ada makhluk yang layak mendapatkan pujian ini, sehingga jika ada yang memuji kecantikan anda, kesholehan anak-anak kita, baiknya prestasi dalam pekerjaan kita, hendaklah kita kembalikan segala pujian itu kepada Allah swt dengan mengucapkan alhamdulillahirobbil'alamiin.
- Melalui kalimat alhamdulillah yg selalu kta baca berulang ulang ini juga Rosulullah shollahu 'alaihi wasaallam mengajarkan kepada kita untuk selalu bersyukur dalam setiap keadaan, baik senang maupun susah, nikmat ataupun musibah...
- Jika ada yang bertanya kepada anda, apa kabar, maka jawaban yang diajarkan oleh Rosulullah shollallah 'alaihi wa sallam kepada kita adalah 'alhamdulillahirobbil'alamin' jika kita dalam keadaan baik, dan 'alhamdulillah 'ala kulli haal' jika kita dalam keadaan kurang baik...
- Yakinlah bahwa setiap kejadian yang menimpa kita adalah baik dan akan mendatangkan kebaikan bagi kita, karena nikmat yang Allah berikan harus melahirkan syukur, dan ujian yang Allah timpakan sepantasnya menumbuhkan sabar, dan keduanya adalah baik yang harus kita syukuri dengan mengucap hamdalah.
- Dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam At Tirmdzi Rosulullah shollalhu 'alaihi wasallam bersabda; apabila meninggal seorang anak dari seorang hamba maka Allah subhanahu wata'ala berfirman kepada malikat-Nya: 
Apakah kalian telah mencabut nyawa dari anak hamba-Ku? 
Malaikat berkata: ya 
Allah berfirman : apakah kalian telah mencabut nyawa orang yang paling ia sayangi? 
Malaikat menjawab: ya. 
Allah berfirman: lalu apa yang hambaku ucapkan? 
Malaikat menjawab: ia memujimu dengan (alhamdulillah) dan mengucapan Innaa lillah wa inna ilaihi rojiun. 
Maka Allah berfirman kepada malaikat: buatkan untuk hamba-Ku ini rumah disurga, dan namakan rumah itu dengan bait alhamdulillah (rumah pujian).

~Tafsir QS Al Fatihah 3 : الرحمن الرحيم
Makna ar Rahmaan dan ar Rahiim
* kata ar Rahnaan dan ar Rahiim berasal dari kata ar rahmah yaitu belas kasih, sedangkan ar Rahmaan berarti Yang Maha Pengasih, Pemilik nikmat dan karunia yang tanpa batas, kemudian memberikan nikmat dan karunia tersebut kepada seluruh hamba-Nya, baik yang muslim maupun yang kafir, jin ataupun manusia, bahkan binatang sampai tumbuh-tumbuhan.
Sedangkan ar Rahiim sering diartikan dengan Yang Maha Penyayang, yang menyayangi hamba-hamba-Nya yang beriman sepanjang zaman, selama-lamanya, baik didunia maupun di akhirat kelak.
Jadi kombinasi sifat ar Rahmaan dan ar Rahiim ini menunjukkan bahwa Allah telah memberikan serta melimpahkan nikmat, karunia dan kasih sayang-Nya yang tiada terhingga kepada seluruh makhluk-Nya tanpa jeda, tanpa terputus, terus menerus, karena hanya DIAlah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang...

Pada ayat sebelumnya Allah telah menyatakan bahwa DIA adalah Tuhan dari seluruh alam, yang mencipta, mengatur, mendidik, memelihara semua makhluk-Nya, maka untuk kembali mengingatkan hamba-hamba-Nya akan nikmat dan karunia yang telah Ia limpahkan kepada mereka, Allah ulang lagi penyebutan nama dan sifatnya ar Rahmaan dan ar Rohiim yng sebelumnya telah disebutkan dalam bismillahirrohmaanirrohiim..

Pengulangan penyebutan ini memiliki arti yang sangat dalam, melalui pengulangan ini Allah ingin menekankan pada hamba-hamba-Nya bahwa sifat keTuhanan-Nya terhadap hamba-Nya bukanlah berdasarkan kezholiman, kesewenangan dan aniaya sebagaimana tergambar dalam hubungan raja dan budak-budaknya, akan tetapi berdasarkan luapan cinta dan kasih sayang, oleh karena itu, manusia akan mencintai Tuhannya, dan menyembah Allah dengan hati yang tenang, damai, tentram, aman, serta bebas dari rasa takut dan gelisah. Oleh karena itu merekapun akan mendasari pergaulan dan muamalah antar sesama mereka dengan penuh kasih dan sayang, yang memimpin tidak menghina bawahannya, bawahanpun akan menghormati dan mencintai atasannya. Dengan begitulah rahmat Allah akan meliputi semua.
Rasulullah saw bersabda: sesungguhnya Allah sangat mencintai hamba-hamba-Nya yang penyayang (HR. Thobroni)
Dalam kesempatan lainpun beliau bersabda: orang-orang yang penyayang pasti disayang Allah yang Maha Penyayang, maka sayangilah semua makhluk yang dibumi, niscaya semua yang dilangitpun akan menyayangimu. (HR. Dawud, dkk).

TANYA DAN JAWAB:

■ Sekarang banyak orang non islam yang dengan mudahnya menyebut bismillah, alhamdulillah atau assalamualaikum. Apakah hal tersebut diperbolehkan?
Jawab:
Boleh... Bahkan sebelum islam datang, orang-orang musyrik menyebut nama Allah sebagai Tuhan yang memciptakan.

■ Kalau Ar Rahman (Maha Pengasih~Berlaku bagi semua makhluk) dan Ar Rahiim (Maha Penyayang~berlaku bagi mereka yang beriman) berasal dari akar kata yang sama yaitu Rahmah yaitu belas kasih...kata-kata "rahmat" yang sering disebutkan dalam bahasa Indonesia bermakna apakah? Dan apakah kalau berdo'a lebih tepat jikalau meminta "Rahiim" Allah daripada meminta "Rahman" Allah yang memang sudah Allah berikan merata pada semua makhluk?
Jawab : 
Rahmat dalam bahasa indonesia berarti sama, karena diambil dalam bahasa arab.. Lebih baik menggunakan keduanya, karena keduanya merupakan panggilan yang paling disukai Allah.. Kalaupun mau menggunakan satu, Ar Rahmaan lebih utama..
Karena Ar Rahmaan punya cakupan lebih luas, dan hanya dikhususkan Allah saja.. Maka dalam Al Qur'an pun yang ada surah ar Rahmaan, ar Rahiim tidak ada..
Memang benar ar Rahiim lebih banyak disebut dalam Al Qur'an, tapi kebanyakannya digunakan sebagai kata sifat saja, bukan kata pengganti langsung Allah, berbeda dengan Ar Rahmaan yang digunakan langsung sebagai kata ganti Allah..

■ Kenapa keimanan kita diuji dengan hal-hal yang tidak menyenangkan. Misalnya kematian, kemiskinan, dll. Katanya itu tanda Allah sayang sama kita, sementara disisi lain banyak orang-orang yang kafir mereka enjoy-enjoy saja dengan kekafiran dengan harta yang melimpah..
Jawab : 
Ujian yang sulit hanya diberikan kepada mereka yang istimewa, dan yang paling istimewa dari hamba-hamba Allah adalah para nabi dan rosul, sehingga para nabi biasanya mendapat cobaan yang sangat berat yang membuat mereka menjadi orang-orang yang mulia disisi Allah.. Begitu juga dengan cobaan yang Allah timpakan kepada kita, kita diuji terus baik dengan nikmat ataupun bala agar kita bisa mendekati derajat para nabi tersebut seandainya kita lulus dengan memuaskan dalam ujian tersebut..
Apa yang Allah berikan kepada orang-orang uang tidak beriman sangat sedikit dibandingkan apa yang Allah sediakan untuk kita.. Rosul saw bersabda: dua rokaat saat fajar lebih baik daripada dunia beserta isinya.
Memang kita juga diperintahkan untuk mencari harta, tapi bukan sebagai tujuan, melainkan perantara untuk menggapai ridho-Nya.. Sehingga walaupun kita diberi harta kita pula dituntut untuk menafkahkannya di jalan Allah.

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”


■ Ustazd sehubungan dengan ar Rohman & ar Rohimnya ALLAH itu apa benar semua orang muslim akan masuk surga? Katanya sebenarnya orang masuk surga itu bukan karena amalnya saja karena rahmat ALLAH semata?
Jawab : 
Ya semua muslim masuk surga karena rahmat ALLAH, akan tetapi untuk mendapat rahmat ALLAH kita harus bekerja di dunia untuk ALLAH..

Tidak secara otomatis...
Karena orang yang islam didunia kan dibagi 3 (tiga):
1. Muttaqin : orang-orang yang taqwa
2. Fasiqin : orang-orang yang banyak berbuat dosa
3. Munafiqin: orang-orang yang munafik

Yang muttaqin insyaallah masuk surga min ghoiri hisaab. Yang fasik, diceburin dulu sampai klimis, dan yang munafik komplit kekal dineraka.

■ Definisi munafik sesungguhnya apa ustazd? Karena kadang kita begitu gampang ngomong munafik dengan orang lain. Terus contoh kaum munafik yang disebutkan dalam Al Qur'an?
Jawab :
Orang yang beriman dibibir saja, tapi hatinya tidak...
Maka orang-orang seperti ini, mereka bersama orang muslim didunia, tapi di akhirat mereka dikelompokkan bersama orang-orang yang kafir.
Sedangkan sikap suka dusta, khianat, dan ingkar janji itu hanya ciri-ciri orang munafik saja..

■ Apakah dosa orang-orang munafiq bisa terampuni ustadz....trus berkata bohong demi kebaikan juga termasuk munafiq?
Jawab:
Kalau nifaqnya hanya di amal insyaallah masih islam, dan kala taubat insyaallah Allah terima taubatnya, tapi kalo munafiqnya di aqidah, maka dia dihukumi bersama orang-orang kafir diakhirat..
Bohong diperbolehkan dalam beberapa keadaan saja, seperti perang atau untuk menjaga maslahat yang jauh lebih besar..

■ Beda ya ustad ciri-ciri orang munafiq dan munafiqqin..? Misalnya kalau orang sakit ciri-cirinya lemes, pusing, mata berkunang-kunang dan lain sebagainya. Tapi orang itu berarti sakit kan? Sama tidak kalau begitu?
Jawab :
Tidak semua yang lemes pasti sakit kan? Tapi yang sakit pasti lemes.. Tidak semua yang bohong pasti munafik kan? Tapi orang munafik pasti doyan bohong..
Anapun kalo habis main bola lemes, tapi tidak sakit.. Tapi kalau ana sakit, ana pasti lemes..

■ Ada teman saya  satu kantor belum lama ini berjodoh.. Jadi baik pria maupun wanitanya satu kantor, tapi beda agama. Si bapak itu sebenarnya rajin ibadah yang saya tahu memberikan masukan ke teman-teman supaya jangan menikah. Eh, sekarang sudah menjadi suami istri. Katanya nikahnya 2 kali, sekali di gereja sekali di penghulu. Katanya biar adil.  Tapi sampai sekarang, si bapak masih sholat dan istrinya masih ke gereja.. Skrg malahan sudah punya anak lho ust. Masuk golongan mana dia? Fasiq apa munafiq ust?
Jawab: 
Hukum Menikahi wanita ahlul kitaab masih masalah khilaf untuk saat ini, saya ikut dengan yang menyatakan kebolehannya, hal ini karena bagi saya dalil yang digunakan lebih kuat.

■ Meski mereka dalam satu biduk rumah tangga beda tempat ibadahnya, ust? Bukannya suami harus menjadi imam di keluarganya?
Malah yang pernah saya dengar...pernikahan beda agama malah tetap hukum nya zina ustadz (maaf nimbrung) benar kah?
Jawab:
Suami harus jadi imam dalam keluarganya, ini adalah kondisi yang ideal.. Tapi tidak semua keluarga muslim bisa begitu kan? Lebih-lebih lagi tidak ada dalil yang mengharamkan menikahi wanita ahlul kitab (yahudi dan nashrani) bahkan didalam Al Qur'an dijelaskan kebolehannya. Allah berfirman dalam QS Al Maidah ayat 5:

ﺍﻟْﻴَﻮْﻡَ ﺃُﺣِﻞَّ ﻟَﻜُﻢُ ﺍﻟﻂَّﻴِّﺒَﺎﺕُ ۖ ﻭَﻃَﻌَﺎﻡُ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺃُﻭﺗُﻮﺍ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏَ ﺣِﻞٌّ ﻟَﻜُﻢْ ﻭَﻃَﻌَﺎﻣُﻜُﻢْ ﺣِﻞٌّ ﻟَﻬُﻢْ ۖ ﻭَﺍﻟْﻤُﺤْﺼَﻨَﺎﺕُ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﻤُﺆْﻣِﻨَﺎﺕِ ﻭَﺍﻟْﻤُﺤْﺼَﻨَﺎﺕُ ﻣِﻦَ ﺍﻟَّﺬِﻳﻦَ ﺃُﻭﺗُﻮﺍ ﺍﻟْﻜِﺘَﺎﺏَ ﻣِﻦْ ﻗَﺒْﻠِﻜُﻢْ ﺇِﺫَﺍ ﺁﺗَﻴْﺘُﻤُﻮﻫُﻦَّ ﺃُﺟُﻮﺭَﻫُﻦَّ ﻣُﺤْﺼِﻨِﻴﻦَ ﻏَﻴْﺮَ ﻣُﺴَﺎﻓِﺤِﻴﻦَ ﻭَﻻَ ﻣُﺘَّﺨِﺬِﻱ ﺃَﺧْﺪَﺍﻥٍ ۗ ﻭَﻣَﻦْ ﻳَﻜْﻔُﺮْ ﺑِﺎﻹِْﻳﻤَﺎﻥِ ﻓَﻘَﺪْ ﺣَﺒِﻄَ ﻋَﻤَﻠُﻪُ ﻭَﻫُﻮَ ﻓِﻲ ﺍﻵْﺧِﺮَﺓِ ﻣِﻦَ ﺍﻟْﺨَﺎﺳِﺮِﻳﻦَ

Pada hari ini dihalalkan bagimu yang baik-baik. Makanan (sembelihan) orang-orang yang diberi Al Kitab itu halal bagimu, dan makanan kamu halal (pula) bagi mereka. (Dan dihalalkan mangawini) wanita yang menjaga kehormatan diantara wanita-wanita yang beriman dan wanita-wanita yang menjaga kehormatan di antara orang-orang yang diberi Al Kitab sebelum kamu, bila kamu telah membayar mas kawin mereka dengan maksud menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan tidak (pula) menjadikannya gundik-gundik. Barangsiapa yang kafir sesudah beriman (tidak menerima hukum-hukum Islam) maka hapuslah amalannya dan ia di hari kiamat termasuk orang-orang merugi.

Nikah kitabiyyat boleh dengan syarat mereka menjaga kehormatan mereka.. Yang tidak boleh menikahi wanita non muslim selain yahudi dan nashrani, seperti budha, hindu, konghucu dll.

■ Berarti itu mereka dibolehkan dengan keyakinan mereka sendiri-sendiri?
Jawab: 
Ya.. Karena tidak ada paksaan dalam beragama.. Walaupun kita tetap berkewajiban untuk berdakwah.

~Tafsir Surat Al Fatihah Ayat 4

Kajian Online WA Hamba اللَّهِ SWT (HA3, HA4, HA7)

Rabu,25 Juni 2014
Narasumber : ust  Novri
Materi : Tafsir surat Al Fatihah ayat 4
Notulen :Dewi, Nunie, Pristia

 بسم الله الرحمن الرحيم
السلام عليكم و رحمة الله و بركاته
الحمد لله و كفى و الصلاة و السلام على محمد المصطفى و على اله و صحبه و من اتبع الهدى ، و بعد

Apa kabar para calon bidadari surga semuanya? Semoga semuanya dalam keadaan baik, sehat, dan selalu berada dibawah naungan taufiq dan hidayah-Nya, amieen..
Insyaallah hari ini kita akam membahas ayat ke-4 dari surah alfatihah, yaitu
ملك يوم الدين
Pada 2 ayat sebelumnya Allah swt telah menyebutkan bahwa DIA adalah Tuhan seluruh alam, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, kemudian Allah iringi kedua ayat tersebut dengan ملك يوم الدين 'yang Menguasai hari Pembalasan' dengan maksud untuk menekankam kembali bahwa kekuasaan Allah swt tidak terhenti sampai di alam dunia saja, tetapi tanpa batas dan terus berlanjut sampai hari kiamat kelak..

Ada 2 bacaan terkait kata ملك,
1. Dengan memanjangkan maa, sehingga dibaca maalik yang berarti yang memiliki.
2. Dengan memendekkan ma, sehingga dibaca malik yang berarti Raja.
 
Kedua bacaan diatas benar, memiliki makna yang sama yaitu 'Maha Berkuasa' dan 'Maha mampu untuk bertindak sepenuhnya', oleh karena itu didalam terjemahan al-qur'an kita diterjemahkan sebagai 'Yang Menguasai'.

Yaum artinya hari, dan yang dimaksud disini adalah waktu secara mutlak.

Ad Diien memiliki banyak makna, diantaranya : perhitungan, pembalasan, patuh, menundukkan, dan syariat atau agama. Sedangkan yang dimaksudkan disini adalah 'pembalasan', sehingga arti kongkrit dari firman-Nya ملك يوم الدين adalah 'Allahlah yang Maha Berkuasa yang dapat bertindak sepenuhnya terhadap seluruh makhluk-Nya pada hari pembalasan.

Pada ayat ini Allah ingin menanamkan kepada kita akan sebuah ajaran aqidah yang sangat penting, yaitu Iman akan adanya hari pembalasan, hari kiamat.
Kepercayaan akan adanya hari kiamat inipun telah diyakini oleh banyak ahli filsafat, seperti aristoteles, plato, sokrates,pitagoras, dll. Hal ini dikarenakan keimanan akan adanya hari pembalasan sangat sejalan dengan rasa keadilan yang dapat dinalar dengan mudah oleh akal bagi mereka yang mau berfikir.
Orang yang mau berpikir pastinya akan meyakini bahwa kehidupan didunia ini bukanlah segalanya, PASTI ada hari akhir yang membuat setiap kebaikan mendapatkan balasannya, dan setiap kejahatan menfapatkan ganjarannya. Hal ini dikarenakan tidak semua kebaikan telah mendapat balasannya didunia, begitupun dengan kejahatan, sangat banyak jasa yang belum terbalas, sangat banyak pula tindakan aniaya yang belum mendapatkan keadilannya. Oleh karena itu keyakinan akan adanya hari pembalasan ini menjadi sangat masik akal, sehingga setiap orang pada hari itu PASTI mendapatkan haknya masing-masing.



Hal ini selaras dengan firman Allah swt
ﻓَﻤَﻦْ ﻳَﻌْﻤَﻞْ ﻣِﺜْﻘَﺎﻝَ ﺫَﺭَّﺓٍ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻳَﺮَﻩُ
"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya"
ﻭَﻣَﻦْ ﻳَﻌْﻤَﻞْ ﻣِﺜْﻘَﺎﻝَ ﺫَﺭَّﺓٍ ﺷَﺮًّﺍ ﻳَﺮَﻩُ
"Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula"
Sesungguhnya ada banyak hal yang terjadi pada hari kiamat kelak, seperti kebangkitan, perhitingan, pembalasan, berkumpul, dll, akan tetapi disini Allah hanya menyebut satu peristiwa saja dari sekian peristiwa yang ada yaitu hari pembalasan, hal ini karena inilah yang terpenting. Sedangkan yamg lainnya hanyalah mukoddimah, pendahuluan, atau sekedar proses untuk menuju pembalasan tersebut. Hal ini juga sebagai bentuk penekanan lebih agar kita semua selalu mawas diri dan mempersiapkan bekal sebaik-baiknya untuk menghadapi hari pembalasan ini.
Allah berfirman
ﻳَﻮْﻣَﺌِﺬٍ ﻳُﻮَﻓِّﻴﻬِﻢُ ﺍﻟﻠَّﻪُ ﺩِﻳﻨَﻬُﻢُ ﺍﻟْﺤَﻖَّ ﻭَﻳَﻌْﻠَﻤُﻮﻥَ ﺃَﻥَّ ﺍﻟﻠَّﻪَ ﻫُﻮَ ﺍﻟْﺤَﻖُّ ﺍﻟْﻤُﺒِﻴﻦُ
"Di hari itu, Allah akan memberi mereka balasan yag setimpal menurut semestinya, dan tahulah mereka bahwa Allah-lah yang Benar, lagi Yang menjelaskan (segala sesutatu menurut hakikat yang sebenarnya)"
Wallahu a'lam bish showab..



TANYA JAWAB
 
§       Makna hari pembalasan tolong dijabarkn ust?.
   Jawab: Pembalasan artinya setiap orang mendapatkan keadilannya.. Kaitan dengansetiap orang akan mendapatkan ganjaran sekecil apapun perbuatannya tentu selama perbuatannya itu belum digugurkan oleh perbuatan yang lain, seperti kebaikan yang digugurkan dengan kemusyrikan fan atau murtad, dan keburukan yang digugurkan dengan menerima islam atau muallaf..
§    Ada orng yg awalnya iman d ibadahny bagus tetapi akhir hidupny malah kufur..nauzibillah ada jg tdnya kafir tp akhir hidup malah syahid.. gimana kaitan dg Allah yg akn membalas sekecil apapun yg kita lakukan..baik atau buruk.. Saya ngeri dengan kata kata pembalasan. Kalau pembalasan atas kebaikkan kita sih ga apa yah? Tapi klo pembalasan atas dosa dosa kita, MasyaAllaah g kebayang...
Jawab: Maka sebagaimana yang dijelaskan dalam materi diatas, inilah salah satu tujuan utama dari hari pembalasan agar setiap kebaikan yg belum terbalas didunia mndapat balasannya, dan setiap keburukan yg dilakukan didunia jg mendapat ganjarannya..
§    Ust.....apa yg harus kita lakukan jika ada org yg bilang ngapain capek-capek solat,puasa, zakat dll yg baek-baek tapi hidupny susaaaah aja.... ada org yg ga pernah solat puasa dll hidupnya mlh sukses,senang makmur
Jawab:
ﻭَﺇِﺫْ ﻗَﺎﻝَ ﺇِﺑْﺮَﺍﻫِﻴﻢُ ﺭَﺏِّ ﺍﺟْﻌَﻞْ ﻫَٰﺬَﺍ ﺑَﻠَﺪًﺍ ﺁﻣِﻨًﺎ ﻭَﺍﺭْﺯُﻕْ ﺃَﻫْﻠَﻪُ ﻣِﻦَ ﺍﻟﺜَّﻤَﺮَﺍﺕِ ﻣَﻦْ ﺁﻣَﻦَ ﻣِﻨْﻬُﻢْ ﺑِﺎﻟﻠَّﻪِ ﻭَﺍﻟْﻴَﻮْﻡِ ﺍﻵْﺧِﺮِ ۖ ﻗَﺎﻝَ ﻭَﻣَﻦْ ﻛَﻔَﺮَ ﻓَﺄُﻣَﺘِّﻌُﻪُ ﻗَﻠِﻴﻼً ﺛُﻢَّ ﺃَﺿْﻂَﺮُّﻩُ ﺇِﻟَﻰٰ ﻋَﺬَﺍﺏِ ﺍﻟﻨَّﺎﺭِ ۖ ﻭَﺑِﺌْﺲَ ﺍﻟْﻤَﺼِﻴﺮُ
 
“Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: "Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali".
§      Tanya ya pak....mumpung inget... Apakah jk kita melakukan kebaikan atau kburukan n sdh dibalas di dunia mk di akhirat nanti msh menerimanya? Misal kita bersedekah dan trnyata Allah lgsung membalasnya stlh itu..harta kita diganti Allah mk apakah di akhirat nanti jg akan mndpt balasan lg? Contoh lain jk ada orang yg suka mnyebar fitnah n Allah membalas di dunia dng kluarganya hancur berantakan apakah di dlm kubur n di akhirat jg mndapatkan balasan lg?
Jawab: Balasan kebaikan yg kita terima didunia hanyalah pendahuluaan dari kemurahan-Nya, (bonus aja) balasan sesungguhnya akan tetap diterima pada waktunya (kiamat). Sedangkan balasan keburukan yg ditimpakan bagi yang bermaksiat adalah teguran baginya agar ia mau bertaubat n menjadfi lebih baik lagi, sehingga jika ia bertaubat Allah akan mengampuninya, tapi kalo masih ngeyel juga ya wassalam deh, (pasti dapat ganjarannya di akherat)
§       Afwan Pak, kalo suul khotimah itu kira2 sebabnya apa ya Pak...? Inget cerita sahabat nabi yg ikut berperang, tp kemudian terluka dan bunuh diri, plg khawatir membayangkan yg spt itu, na'udzubillah

     Jawab: Ada banyak bu, seperti keyakinan yg salah, takabbur, berbuat aniaaya, dll. Dan yang paling banyak saat ini adalah menolak hukum-hukum Allah..
§      Mau tanya ustadz,bagaimana cara agar kita bisa menjaga hati kita, agar kita ttep bisa iman kpd. Alloh, sdngkan fisik kita ada dilingkungan yg kurang mendukung???
     
Jawab: Yakinlah bahwa Allah adqalah yang terbaik yang kita miliki, dan kita tidak bisa hidup tanpa belas kasih-Nya... Berkumpullah dengan otang-orang sholeh, karena kesholehan itu juga menular, dan seandainya tdk ada kebaikan yng tersisa ditempat kita sekarang dan kita tidak mampu membenahimya maka 'hijrah'lah..

§       Hijrah = pergi meninggalkan tmpt itu ya ustazd

Jawab: Ya, menuju tempat yang lebih baik..


§    Bila orangtua meminjm uang dr bank konvensional untuk merintis usaha,karena memiliki 4 anak n ingin sampe kuliah dan pkrjaan cm buruh tani, apakh amalan anak2 solehny bs meringankn dosa dr riba tsb. Ato bgm ank2 bs menolong org tua tsb trkait hdst yg mngtkn 4 amln yg tdk trpts-slh 1 ny ank yg sholeh

    Jawab: Anak akan tumbuh sesuai dengan apa yang ia makan, kalau dia makan makanan yg bergizi ia akan tumbuh kuat dan sehat begitupun sebaliknya, begitu juga bila ia kita beri makanan yg bersumber dari harta yg haram, jangan terlalu berharap ia akan sholeh.. Andaipun sang anak menjadi anak yang sholeh (ini pengecualian saja) maka selama sang orang tua meninggal dalam keadaan iman dan islam tentu amal sholeh dan doa yang dilakukan oleh sang anak akan meringankan beban orang tua diakherat kelak.. 

§    Ustad, sya pernah nonton mengenai shafaat di hari pembalasan utk umat Nabi Muhammad SAW di khasanah trans 7, itu mksudnya gmana ya ustdz? Apakh qt smua akan dpt pertolongan dr Rasulullah?

    Jawab:  Syaafaat itu fungsinya sekedar membantu saja, ibarat kain yang robek, syafaat sebagai penambalnya saja, nah maka yang harus dipersiapkan dulu adalah kainnya ada apa tidak.. Kalau tidak ada kainnya maka tidak ada yg bisa ditambal kan.. Orang yang paling banyak mendapat syafaat dari Rosulullah saw adalah mereka yg paling menxintai beliau dengan memperbanyak sholawat.. 

§      Terus bagaimana bila gaji yg dibayarkan melalui bank konvesional?
     
     Jawab: Kalau gajinya hanya numpang lewat saja ya gpp, tapi alangkah lebih baik jika menggunakan yang syariah..  Nabung di bank konvensional untuk saat ini ya berdosa, karena dgn begitu kita menjadi pelaku dan pensuiport praktek riba.. Maka beralih aja ke yg syariah.. 

§    Kalau kita  kerja di bank konvensional gmana?

    Jawab: Kalau ada pilihan kerja lain sebaiknya di tinggalkan, karena gaji dari bank-bank konvesional penuh dengan syubhat (bercampurnya yng halal dan yang haram).. Iya bu, sepertinya sepele, tapi sebenarnya ini perkara besar, karena berkaitan langsung dengan halal dan haramnya rezeki yang kita makan dan kita sajikan untuk keluarga kita..

§     Kalau hukum asuransi bagaimana ustad?

      Jawab: Asuransi sama seperti bank, ada yang syariah, ada yang konvensional.. Yang syariah boleh yang konvensional gak boleh..

§      Ustadz, mohon djlaskan mengenai Ustadz kl asuransi proyek bgmn ya hukumnya

     Jawab: Yang membuat sesuatu itu menjadi halal atau haram adalah akadnya, maka asuransi syariah baik proyek ataupun individu mendasrkan transaksinya dengan akad2 syariah yang dibolehkan oleh agama, sedangkan yang konvensional mayoritas berdasarkan riba..

§        Setahu sy asuransi proyek tdk ada yg syariah ustadz biasax kn perushaan menerima permohonan jaminan dr kontraktor apabl proyek yg dikerjakn tdk selesai dgn baik mk perusahaan ikut menjamin kerugian tp kl proyekx berjln sampai selesai mk uang jaminannya msk perusahaan

     Jawab: Ya bu yatie, semua transaksi pasti ada akadnya, dan hukum boleh ridaknya akan sangat tergantung dngan akad apa transaksi dilakukan, bukan hanya berdasarkan kedua belah pihak bersedia saja, akan tetapi berdasarkan kesahan akad tersebut dalam pandangan agama..

§   Terkait kajian hr ini. (Iman kpd hr pmbalasan) bgmn brsikap thd orang yg tlh mlakukan ktdk adilan, slain brpikir n prcaya Allah yg pling brhak membalas prbuatan orng tsb adakah hal lain ustadz yg hrs qt lakukan...

    Jawab: Terhadap orang yg melakukan ketifak adilan atau aniaya, kalau kita punya kemampuan mencegahnya dgn kekuasaan kita maka kita lakukan, kalau tidak bisa, coba dngan nasehat, kalo tifak bisa juga maka dengan hati ( menunjukkan padanya bahwa kita tidak ridho akan perbuatannya)..

§    Maaf ustad mau tnya,
Misalnya suami kerja di sebuah PT trus pembayaran gajinya lewat bank,
Si suami g tau halal haram nya, dan g tau akad transaksi tsb.
Yg penting dy kerja dpt gaji untuk menafkahi anak istri nya.
Itu gimna ustad??
Status rezeki yg kita makan


     Jawab: Kalau gajinya cuma numpang lewat gpp bu..
Tp tidak untuk menabung..


§    Berarti kalau mau mnabung harus dri penghasilan gitu ustad??

    Jawab:  Bukan harus dari penghasilan, tapi tempat menabungnya yg harus syariah.. Kalau pinjamannya berbunga berarti akadnya riba, dan riba hukumnya haram.

§      Masalah alis mt nie ustadz dikalangn pr wanita srg2 aq lht banyak yg mencukur alis mt dgn dalil sekedar untuk merapikn ..bbrp waktu lalu tmn aq melhttanyangan ditv yg disampaikn oleh ustadzah yg terkenal ktx boleh mencukur asal skdar untuk merapikn...sementara yg aq th dialquran allah melaknat wanita yg mencukur alis matax apakah makna mencukur yg dimaksud mencukur habis ato walaupun selembar bulu alis itu termasuk dlm kategori mencukur mhn penjelasanx ustadz...
  
    Jawab: Tidak boleh kita mencukur alis mata walaupun dengan alasan merapihkan, haditsnya jelas seperti yg ibu yatie sampaikan, bahkan imam adz dzahabie, al Haitami, dll memasukkannya dalam list dosa-dosa besar.. Kalaupun ada yg berani membolehkannya, maka dia akan ikut menanggung dosa orang-orang yg melaklasanakan fatwanya..

§     Oh ya ustadz srg2 nie ada kejadian kecelakaan pesawat ya akhir2 ini seperti pswt malaysia air line yg sampe skrg blom diketahui keberadaan dn nasib pr penumpangx... apa yg sebaikx keluarga lakukan ketika menghadapi situasi seperti itu dlm hal sholat jenazah.. perlukah dilakukan sholat gaib smntr blom ada kepastian kabar mereka selamat ato tdk dikawatirkn mereka meninggal tanpa ada yg mensholatinya...

     Jawab: Kalau kita meyakini mereka sudah meninggal ya kita lakukan sholat ghoib, kalo tidak ya ga usah, lagi pula dimasjidil harom setiap hari selalu dilakukan sholat ghoib untuk mereka yang meninggal tp tdk diketahui keberadaannya.. Jadi kalaupun sdh meninggal pasti sdh ada yng mensholaykannya..

§       Ustadz bagaimana dg behel?sy pakai behel ustadz

    Jawab: Kalo gigi yang ga rata gpp, tp kalo cuman untuk mempercantik diri dan sebenarnya ga ada masalah ma giginya ga boleh..

§      Ustadz teman saya berkeluh kesah pd saya bahwa suaminya bakhil sekali.klau ada uang suaminya mmakai untknya sndiri,ibu maupun mmberi teman2nnya yg mmbutuhkan (mminta2)apa benar ustadz bhwa istri itu yg prtma kali berhak disodaqohi stlh diri sndiri (suami)brdsarkn hadis?dan bgmn cara mnyadarkan sang suami tmn saya tsb..

    Jawab: Kalo bisa dikomunikasikan dengan baik, dikomuniksikan dulu, atau minta orang alim untuk menasehatinya, kalo ga mempan juga ambila aja seperlunya tanpa sepengetahuannya, sesuai hadits yang diriwayatkan sayyidah 'aisyah, tentang abu sufyan yg pelit terhafap istrunya hindun.

§    Berkenaan dgn pertanyaan mb vita dn mb fifah... sebenarx sampai sejauh mn besaran nafkah yg seharusx diterima oleh seorg istri apakah ckp dgn hanya memberikn sandang pangan dn ppn ato seluruh penghasilan dn pengeluaran dr suami istri harus th...bahkn untuk memberi kpd ortu dn bersedekah kpd yg lain pun musti seijin istri..ini untuk menjaga ustadz terkadang karna tdk th batas2nya itu yg sering keblablasan dn akhirx menimbulkn perselisihan

    Jawab: Seandainya yg dipinta oleh suami untuk kita lakukan baik dan bisa kita lakukan maka sebaiknya dilakukan.. Andai yg disuruh itu untuk bermaksiat kepada Allah maka harus ditolak.. Suami harus menafkahi istrinya sesuai dengan kemampuannya, nafkah sandang pangan itu batas minimalnya dan tetap harus disesuaikan dgn penghasilannya..

§    Trus lg ustadz aq srg skl mendapati kasus seperti diatas.. banyak tmn2 yg sekedar curhat mengeluarkn uneg2 dn ada jg yg bermaksud mencr solusi.. apakh ini termasuk dlm kategori berghibah ato tdk ustadz aq tkt karna pastix dia akan menceritakan keburukn suami dn keluarga suamix... sebaikx apa yg hrs aq lakukan mhn saranx ustadz

    Jawab: Seharusnya diceritakan kepada orang yng kompeten seperti hafits hindun yang ngelapor ke Rosulullah kalo suaminya abu sufyan iti pelit, maka Rosulullah bilang ambil aja hartanya seperlunya, walaupun tanpa sepengetahuan suami..
jd boleh. asalkan org yg tepat.

Doa Kafaratul Majelis:

سبحانك اللهم وبحمدك أشهد ان لا إله إلا أنت أستغفرك وآتوب إليك
Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu allaailaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika

“Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tiada sesembahan yang haq disembah melainkan diri-Mu, aku memohon pengampunan-Mu dan bertaubat kepada-Mu.”

Semoga bermanfaat.

و السلام عليكم ورحمة الله و بركاته